SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Batam–Setelah Hatta Rajasa terpilih menjadi Ketua Umum PAN, pembicaraan peserta kongres sudah masuk ke posisi Sekjen. Tiga nama disebut-sebut calon kuat Sekjen PAN.

Tiga nama itu adalah, Ketua Panitia Kongres PAN Taufik Kurniawan, Tim Sukses Hatta Rajasa, Putrajaya Husein, dan pengurus DPP PAN Tjatur Sapto Edi.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

“Nama yang berkembang itu ada tiga, yaitu Taufik Kurniawan, Tjatur Sapto Edi, dan Putrajaya Husein,” kata sumber detikcom di lingkungan Hatta Rajasa di Hotel Planet Holiday, Batam, Sabtu (9/1).

Menurut sumber tersebut, saat ini Amien Rais bersama terus mengkaji kekurangan dan kelebihan sosok tersebut. Jika pembicaraan keduanya sudah tuntas, besar kemungkinan Sekjen pun akan diumumkan malam ini.

Untuk diketahui, Jika Hatta memilih Taufik Kurniawan, memang akan merepresentasikan perwakilan antara Jawa-luar Jawa. Hatta putra Palembang, sementara Taufik orang jawa.

Tetapi Taufik juga mempunyai kelemahan yaitu saat ini dia menjadi Ketua Komisi V DPR. Tugasnya menjadi Ketua Komisi V DPR, tentu akan mengurangi konsentrasinya menjalankan tugas berat menjadi Sekjen PAN yang harus mengkonsolidasikan kekuatan pasca kongres dan memenangkan PAN di pemilu 2014 jika tidak mundur dari Ketua Komisi V DPR.

Berbeda halnya dengan Putrajaya Husein yang juga orang Palembang. Jika Hatta memilih Putra, maka dua pucuk pimpinan strategis akan dikuasai orang satu daerah. Tentu ini akan rawan memicu kecemburuan.

“Memang banyak pandangan idealnya Jawa-Luar Jawa, tapi biarkan itu diputuskan oleh Pak Ketua terpilih dan Ketua MPP,” paparnya.

Sementara itu nama Tjatur Sapto Edi muncul karena beliau paling dekat dengan Amien Rais dan didorong beberapa tim Dradjad Wibowo. Nama Tjatur dimunculkan jika memang nama Hanafi Rais tidak bisa lagi didorong di posisi Sekjen, mengingat Bapaknya sendiri menjadi Ketua MPP PAN.

Namun jika wakil ketua Komisi III DPR ini yang terpilih, akan muncul kesan Hatta memilih orang yang satu almamater, mengingat baik Hatta maupun Tjatur merupakan alumnus ITB.

Siapakah yang akan terpilih? Terpulang dari niat baik Hatta dan Amien Rais untuk mewujudkan komitmen keduanya menjadi PAN menjadi partai yang patut diperhitungkan lima tahun mendatang.

Apakah memilih orang yang rangkap jabatan di Komisi V DPR, memilih orang satu kampung halaman, atau memilih adik kelas, ataukah memilih putra Amien Rais.

dtc/isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya