SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Meskipun pelaksanaan ujian nasional (UN) digelar dua kali, siswa memiliki kesempatan untuk mengikuti ujian nasional pendidikan kesetaraan (UNPK) tahap II.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Rakhmat Sutomo melalui Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Nonformal (PNF), Wandowo, berdasarkan peraturan operasional pelaksanaan UNPK tahun 2009 lalu, siswa sekolah reguler memiliki kesempatan untuk mengikuti ujian kesetaraan apabila mereka dinyatakan tidak lulus.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Dia mengaku tidak mengetahui apakah ada perubahan peraturan pada petunjuk pelaksanaan UNPK tahun 2010 mendatang. Menurutnya, dengan adanya kesempatan ujian ulangan yang setara SMA itu, secara psikologis siswa seharusnya lebih tenang.

“Selama belum ada perubahan aturan UNPK, siswa dapat mengikuti ujian kesetaraan,” ungkap dia ketika dijumpai Espos di ruang kerjanya, Jumat (19/3).

Dia mengatakan, penyelenggaraan UNPK tahap II akan digelar pada bulan November mendatang, mengenai persyaratan untuk mengikuti pelaksanaan tersebut siswa dapat menggunakan rapor semester satu hingga lima dan surat pernyataan tidak lulus. Menurutnya, pendaftaran tidak harus secara kolektif dari sekolah tetapi siswa dapat mendaftarkan diri secara mandiri.

“Dengan memiliki ijazah kesetaraan mereka dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi,” papar dia.

Menurutnya, karena pelaksanaan ujian tahap I akan dilaksanakan pada bulan Mei mendatang, sehingga pendistribusian prosedur operasional standar (POS) diperkirakan mulai didistribusikan pada bulan April. Mengenai apakah ada petunjuk pemisahan ujian kesetaraan SMK pada tahun ini, Wandowo tidak mengetahuinya secara pasti.

das

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya