SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kuala Lumpur–Malaysia berniat untuk mematenkan beberapa masakan khasnya, seperti laksa dan nasi ayam. Hal ini dilakukan agar masakan khas Malaysia tersebut tidak di’bajak’ dan diklaim oleh negara lain.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Pariwisata Malaysia, Ng Yen Yen, seperti dilansir The Star, Kamis (17/9).

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

“Kita tidak bisa membiarkan negara lain membajak makanan kita. Kepiting pedas adalah makanan khas Malaysia. Nasi ayam Hainan juga makanan khas Malaysia. Kita harus mematenkannya sebagai makanan khas negara kita,” ujar Ng Yen Yen.

Selain masakan tersebut di atas, makanan khas lainnya akan dipatenkan antara lain, sup mi pedas yang biasa disebut laksa dan sup herbal iga babi atau bak kut teh.

“Dalam 3 bulan ke depan, kita akan mengidentifikasi sajian-sajian utama (untuk dipatenkan sebagai makanan khas Malaysia). Kita telah mengidentifikasi laksa…semua jenis laksa, nasi lemak, dan bak kut teh,” tambahnya.

Ng Yen Yen mengatakan Kementerian Pariwisata Malaysia akan mengumumkan strateginya dalam mengenalkan sajian-sajian itu sebagai makanan khas Malaysia.

“Itu adalah bagian kedua. Kita tidak bisa mengungkapkannya sekarang, tapi kita akan segera memberitahukannya kepada publik,” tutur dia.

Namun sayangnya Ng Yen Yen tidak menyebutkan secara jelas negara mana saja yang membajak makanan khas Malaysia, yang terkenal di dunia.

dtc/tya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya