SOLOPOS.COM - Petugas menggunakan alat berat membersihkan puing-puing rerutuhan bangunan minimarket "Alfamart" di Kabupaten Banjar, Kalsel, Selasa (19/4/2022). (ANTARA/Firman)

Solopos.com, BANJARMASIN — Total korban meninggal akibat runtuhnya bangunan minimarket Alfamart di Jalan Ahmad Yani KM. 14 Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel) sebanyak empat orang.

Tiga korban meninggal merupakan pengunjung minimarket sedangkan satu korban lainnya adalah karyawan Alfamart.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

“Hari ini berhasil dievakuasi tiga orang korban, dua meninggal dunia dan satu selamat,” kata Kapolres Banjar AKBP Doni Hadi Santoso saat berada di lokasi, Selasa (19/4/2022).

Hingga saat ini total ada 13 korban berhasil dievakuasi dari reruntuhan bangunan tiga lantai yang ambruk rata dengan tanah itu pada Senin (18/4/2022) sore. Sembilan orang di antaranya selamat dan empat tewas.

Doni menjelaskan total karyawan Alfamart enam orang. Lima selamat dan satu meninggal. Sementara dari masyarakat tujuh orang, terdiri atas empat korban selamat dan tiga meninggal.

Baca Juga: Bangunan Alfamart Ambruk Rata dengan Tanah, 1 Orang Meninggal Dunia

“Untuk korban selamat masih menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit. Ada juga yang sudah pulang ke rumah,” ujarnya didampingi Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin (Basarnas) Al Amrad.

Terkait proses evakuasi, Kapolres memastikan masih dilakukan tim SAR gabungan yang dikomando Basarnas dan belum dapat dipastikan apakah masih ada korban yang tertimbun atau tidak mengingat bangunan tersebut terdiri atas tiga lantai.

Untuk itulah, bagi masyarakat yang merasa kehilangan anggota keluarganya agar bisa melapor ke petugas baik ke Polsek Gambut ataupun Polres Banjar.

Tim SAR gabungan dibantu relawan masyarakat juga mendirikan posko di dekat lokasi tepatnya samping SPBU Gambut guna memudahkan koordinasi dalam masa proses evakuasi dan wadah informasi bagi masyarakat.

Baca Juga: Bangunan Minimarket Alfamart di Kalsel Ambruk, Timpa 17 Orang

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banjar di Provinsi Kalimantan Selatan bersama tim ahli menyelidiki penyebab ambruknya bangunan minimarket Alfamart.

“Nanti ahli yang menilai dan menyimpulkan kira-kira faktor apa yang menyebabkan bangunan ruko ini sampai runtuh,” kata Kepala Dinas PUPR Kabupaten Banjar Muhammad Riza Dauly di Kecamatan Gambut, Selasa.

Menurut dia, tim ahli akan melakukan pemeriksaan kontur tanah serta meneliti sampel puing-puing bangunan tiga lantai tersebut.

“Hasil penelitian dari tim ahli ini akan disampaikan ke pimpinan untuk diambil langkah selanjutnya guna pengambilan kebijakan agar insiden serupa diharapkan tak terulang,” kata Riza.

Baca Juga: Bangunan Ilegal Runtuh, 27 Orang Tewas

Di lokasi bangunan minimarket Alfamart yang ambruk, tim ahli dari Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat sudah mulai melakukan pendataan dan pengambilan sampel. Tim ahli juga meneliti kualitas beton pada puing-puing bangunan.

Bangunan Alfamart di Kecamatan Gambut pada Senin (18/4) ambruk dan menyebabkan empat orang meninggal dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya