SOLOPOS.COM - Francois Hollande (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Presiden Prancis Francois Hollande akan tiba di Indonesia akhir Maret. Akan ada upacara kenegaraan di Monas.

Solopos.com, JAKARTA — Setelah Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Azis Al-Saud dan para pemimpin dunia yang akan menghadiri Konperensi Tingkat Tinggi (KTT) Indian Ocean Rim Association (IORA) di Jakarta 5-7 Maret ini, Indonesia kembali akan kedatangan tamu besar. Dia adalah Presiden Perancis Francois Hollande yang dijadwalkan tiba pada akhir Maret ini.

Promosi BRI Group Buka Pendaftaran Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 untuk 6.441 Orang

Untuk kelancaran pelaksanaan kunjungan kenegaraan tersebut, Duta Besar Indonesia untuk Perancis Hotmangaradja Pandjaitan melakukan audiensi kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno yang didampingi oleh Kepala Staf Kepresidenan Darmansjah Djumala di Gedung Utama Kementerian Sekretariat Negara Jumat (3/3/2017).

“Kita berbicara tentang urutan acara, protokoler. Kita bicara sedikit juga mengenai pengaturan pengamanan, tetapi yang jelas ada juga prosesi upacara kunjungan kenegaraan yang nantinya akan dilaksanakan di Monumen Nasional,” kata Hotma seperti dilansir oleh Kementerian Sekretariat Negara, Minggu (5/3/2017).

Menurut Hotman, kunjungan tersebut akan disiarkan ke publik Perancis untuk menunjukkan bagaimana penerimaan dan keramahan Indonesia dalam menyambut kehadiran Presiden Perancis François Hollande. “Yang akan dipublikasikan bagaimana tingkat penerimaan, tingkat courtesy, hospitality dari upacara penerimaan di Indonesia khususnya pada masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo,” lanjut Hotma.

Menariknya, lanjut Hotma, kunjungan kenegaraan Presiden Perancis kali ini merupakan kunjungan pertama dalam 30 tahun terakhir. “Ini ternyata kunjungan Presiden Perancis setalah 30 tahun. Yang terakhir tahun 1986, Presiden François Maurice Adrien,” tutur Hotma.

Sebelumnya saat mengantar Menteri Luar Negeri dan Pembangunan Internasional Prancis, Jean-Marc Ayrault, menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Istana Merdeka, Selasa (28/2/2017) lalu, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, sudah lebih dari 30 tahun Presiden Prancis tidak berkunjung ke Indonesia.

“Tadi, Presiden Joko Widodo menyambut baik rencana kunjungan tersebut,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya