SOLOPOS.COM - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov (Bisnis/apumone.com)

Solopos.com, JAKARTA – Kabar kurang mengenakkan datang dari Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov.

Lavrov yang mewakili Presiden Rusia Vladimir Putin ke KTT G20 Bali itu dilarikan ke rumah sakit karena mengalami masalah kesehatan.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Bisnis melansir dari The Independent, Senin (14/11/2022), menulis tiga pejabat pemerintah dan tim medis Indonesia mengatakan diplomat Rusia itu tengah dirawat di salah satu RS di Bali.

Mereka mengatakan Lavrov sedang dirawat karena penyakit jantung. Lavrov tiba di Bali pada hari Minggu untuk menggantikan Presiden Vladimir Putin menghadiri KTT G20 pada 15-16 November 2022.

Baca Juga: Bertemu Presiden Erdogan, Presiden Jokowi Berduka untuk Serangan Bom Istanbul

Lavrov langsung terbang ke Bali setelah berpartisipasi dalam KTT Asean di Kamboja.

Kehadiran Lavrov di Indonesia untuk mengikuti KTT G20 menjadi sejarah atau yang pertama kalinya sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari.

Aksi Rusia menginvasi Ukraina, disebut Moskow sebagai operasi khusus dan hingga kini perang Rusia vs Ukraina masih terus berlanjut.

Baca Juga: Gelar Jumpa Pers, Sekjen PBB Berharap Presiden Putin Hadir ke KTT G20 Bali

Menlu Rusia Lavrov tiba di Indonesia dengan disambut oleh penjaga kehormatan dan penari-penari tradisional Indonesia yang disediakan untuk menghibur sekaligus mempromosikan budaya Indonesia.

Kehadiran Lavrov di KTT G20 diperkirakan akan mendapatkan banyak kritik dari peserta G20, terkait berlangsungnya invasi terhadap Ukraina.

Berharap Putin Hadir

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres, menggelar jumpa pers setiba di Bali dan berharap berharap Presiden Rusia, Vladimir Putin hadir dalam KTT G20 Bali.

Pesan Antonio Gutteres dalam konferensi pers di Media Center G20, Nusa Dua, Bali itu tak berselang lama dari kedatangannya di Bandara Ngurah Rai.

“Pertama-tama, saya sebenarnya sangat mengharapkan kehadiran Presiden Putin di sini, dan pertemuan dengan Menteri [Luar Negeri Rusia Sergey Viktorovich] Lavrov akan lebih relevan apabila terdapat kehadiran Presiden Putin,” ujar Guterres.

Baca Juga: Gantikan Presiden Putin, Menlu Rusia Lavrov Tiba di Indonesia

Saat ditanya mengenai sikapnya terhadap ketidakhadiran Putin secara langsung di KTT G20, Gutteres menyatakan banyak pihak yang mengharapkan kehadiran Putin demi pembahasan yang lebih jelas soal perang di Ukraina.

Menurutnya, kehadiran Putin akan membuat pembahasan berjalan lebih optimal.

Awalnya Putin disebut-sebut akan hadir ke Bali. Tetapi beberapa hari yang lalu beredar informasi dia batal terbang ke Bali karena alasan keamanan.

Baca Juga: Luhut Ungkap Putin Hadir Virtual di KTT G20 Bali

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan pun mengonfirmasi hal tersebut.

“Karena dia [Putin] ada isu domestik yang harus ditangani,” kata Luhut pada Sabtu (12/11/2022).

Putin akan diwakili oleh Lavrov, yang telah mendarat di Bali pada Senin (14/11/2022) sore. Lavrov hadir secara langsung di KTT G20 bersama sejumlah delegasi lain dari negeri Beruang Merah.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Menlu Rusia Sergei Lavrov Dikabarkan Masuk RS Usai Tiba di Bali”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya