SOLOPOS.COM - Bom di Bagdad, Irak (Reuters)

Teror ISIS melanda Irak. Sebanyak 82 orang tewas dalam dua serangan bom yang terjadi Sabtu tengah malam.  

Solopos.com, BAGHDAD – Sedikitnya 82 orang tewas dan 200 lainnya terluka dalam dua serangan di wilayah Baghdad, Irak, Sabtu (2/7/2016) tengah malam. Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mengaku bertanggung jawab atas serangan di Distrik Karrada dan al-Shaab itu.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Sumber di kepolisian dan pihak medis di setempat seperti dilansir Reuters, Minggu (3/7/2016), mengatakan serangan berawal dari ledakan sebuah truk pendingin di area perbelanjaan Karrada. Setidaknya 80 nyawa terenggut dalam serangan yang disebut ISIS diluncurkan seorang pembom bunuh diri itu. Tak lama berselang ledakan terjadi di jalan utama distrik tersebut.

Sementara di al-Shaab serangan bom ditambatkan di sebuah pasar. Ledakan bom tersebut meninggalkan dua korban tewas. Polisi mengungkapkan korban tewas tak menutup kemungkinan melonjak, diperkirakan banyak korban tewas tertimbun reruntuhan bangunan dan belum ditemukan.

Dilempari Batu
Sebuah video yang diunggah di media sosial menunjukkkan sebuah ledakan dahsyat di jalan Karrada. Sementara video lain mempertontonkan warga melempari batu mobil pengiring Perdana Manteri Irak, Haider al-Abadi, di Karrada. Warga melampiaskan kemarahannya, karena menganggap pasukan keamanan tak mampu melindungi wilayah itu.

Pembomban itu menjadi serangan paling mematikan di Irak sejak pasukan pemerintah memukul mundur ISIS dari Falluja 26 Juni lalu. Falluja yang direbut ISIS sejak 2014 kembali ke penguasaan Irak setelah operasi selama sebulan diluncurkan.

Komandan operasi pembebasan Falluja, Letnan Jenderal Abdul Wahab al-Saidi mengatakan sedikitnya 1.800 militan ISIS tewas dalam oprasi yang didukung serangan udara koalisi itu. Abadi memerintahkan serangan itu setelah serangkaian pemboman mematikan di distrik-distrik Baghdad.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya