SOLOPOS.COM - Shaymaa Qasim Abdelrahman (News.com.au)

Teror ISIS diterima oleh Miss Irak, Shaymaa Qasim Abdelrahman.

Solopos.com, BAGHDAD – Miss Irak, Shaymaa Qasim Abdelrahman, 20, mendapat ancaman dari Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Ia mengaku mendapat ancaman tersebut melalui telepon. Acaman tersebut berisi ajakan untuk bergabung dengan ISIS, jika ia menolak, akan diculik.

Promosi BRI Hadiahkan Mobil dan Logam Mulia kepada Pemenang Super AgenBRILink

Shaymaa mendapatkan ancaman itu seusai memenangi kontes kecantikan yang digelar di Ibu Kota Irak, Baghdad, pada Sabtu (19/12/2015) pekan lalu. Perempuan berusia 20 tahun asal Kirkuk itu mengaku sempat tertekan oleh ancaman itu namun dia bersikeras ancaman tersebut tak akan menghentikannya.

“Saya ingin membuktikan bahwa perempuan Irak punya keberadaan sendiri dalam masyarakat Irak, dia punya hak-hak seperti laki-laki. Saya tidak takut apapun, karena saya yakin apa yang saya lakukan tidak salah,” katanya kepada NBC News.

Pada September 2015 dilaporkan penyelenggara kontes kecantikan di Irak mendapat protes dari para pemuka agama dan pemimpin suku konservatif yang menyebut kontes semacam itu tidak Islami dan mengancam moral masyarakat.

Kantor berita Reuters melaporkan setidaknya sudah ada dua kontestan yang mengundurkan diri setelah mendapat ancaman pembunuhan. Penyelenggara membatalkan seksi baju renang dalam kompetisi itu dan menunda penayangan acara final di televisi untuk menangkis kritik.

Namun para kontestan yang didukung oleh banyak masyarakat Irak tetap berkeras untuk melanjutkan acara yang mereka anggap sebagai penanda langkah menuju kenormalan dalam masyarakat yang masih terbelah dan trauma 12 tahun setelah Amerika Serikat menggulingkan Saddam Hussein.

Pertama dan terakhir kali Irak berpartisipasi dalam kontes kecantikan internasional adalah tahun 1972, saat Wijdan Burhan al-Deen mewakili negara itu di ajang Miss Universe.

Setelah kemenangannya, Shaymaa mengatakan pada AFP bahwa dia sangat senang melihat Irak maju ke depan. “Acara ini sangat besar dan membuat orang-orang Irak tersenyum,” katanya, seperti dikutip Antaranews.com, Kamis (24/12/2015).

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya