SOLOPOS.COM - Bunga dan bendera AS ditempatkan di salah satu nama korban serangan 9/11 yang terdapat di Monumen NAsional Serangan 11 September, Senin (10/9/2012) waktu setempat. (Reuters)

Bunga dan bendera AS ditempatkan di salah satu nama korban serangan 9/11 yang terdapat di Monumen NAsional Serangan 11 September, Senin (10/9/2012) waktu setempat. (Reuters)

NEW YORK – Ribuan warga Amerika Serikat (AS) akan berkumpul di sejumlah lokasi serangan 11 September 2001, Selasa (11/9/2012) waktu setempat, memperingati 11 tahun serangan yang sering disebut sebagai 9/11 itu.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Peringatan dilakukan terpisah diNew York,Washington dan Pennsylvania. Namun peringatan utama di Ground Zero, New York, tahun ini untuk kali pertama akan tanpa “suara politisi”.

Dalam peringatan tahun-tahun sebelumnya, para politisi, termasuk presiden AS, gubernur negara dan walikota New York, berpartisipasi dalam pembacaan nama atau membaca doa selama upacar peringatan. Tahun ini, hanya keluarga lebih dari 2.750 orang yang tewas dalam serangan dua pesawat ke Menara Kembar World Trade Center (WTC), yang akan membacakan nama-nama korban.

Tak adanya para politisi yang akan membaca nama-nama korban bukannya terkait isu politik masa kampanye menjelang pemilihan presiden (pilpres) pada 6 November mendatang. Hal itu sesuai aturan baru yang ditetapkan Juli lalu oleh Monumen dan Museum Nasional 11 September.

Meskipun begitu, para politisi masih bisa menghadiri upacara peringatan di Ground Zero yang kini telah dibangun kembali menjadi monumen peringatan tersebut. Setidaknya, Menteri keamanan dalam Negeri, Janet Napolitano, sudah dijadwalkan menghadiri upacara di New York.

Pembatasan para politisi di mimbar peringatan itu hanya berlaku di New York. Di lokasi-lokasi lain yang juga telah menjadi target sasaran serangan teroris 11 tahun silam, sejumlah pejabat publik dan politisi masih bisa angkat suara.

Seperti pada peringatan di luar gedung Pentagon di Washington, tempat 180 orang tewas ketika sebuah pesawat yang dibajak menabrak gedung itu, Menteri Pertahanan Leon Panetta akan berbicara dalam upacara yang hanya akan dihadiri keluarga korban.

Pada peringatan di New York, akan dilakukan saat-saat hening bertepatan dengan saat pesawat menabrak menara kembar, yakni pada pukul 08.46, 09.03, 09.37 dan 10.03 waktu setempat.

Tahun ini Presiden Barack Obama dan istrinya, Michelle, akan berpartisipasi dalam mengheningkan cipta di halaman Gedung Putih dan kemudian menghadiri Upacara di Pentagon, bunyi pengumuman Gedung Putih pekan lalu.

Di Shanksville, nama ke-40 awak dan penumpang pesawat Penerbangan 93 akan dibaca mulai pukul 10.03 oleh keluarga korban dan relawan lokal yang membantu evakuasi pascaserangan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya