SOLOPOS.COM - Demo di Yaman (reuters )

Demo di Yaman (reuters )

Riyadh (Solopos.com)--Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh yang didemo rakyatnya sejak Februari, tengah berada di Riyadh untuk perawatan medis, setelah terluka dalam serangan roket pada  Jumat (3/6/2011).

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

“Presiden Yaman telah tiba bersama pejabat dan warga yang menderita luka yang berbeda, untuk menjalani perawatan di Arab Saudi,” jelas Istana Kerajaan Saudi, seperti dilansir Al Jazeera, Minggu (5/6/2011).

Saleh terluka akibat serangan roket di Istana Kepresiden, sebuah serangan yang menandai eskalasi konflik menuju perang saudara. Informasi yang didapat Al Jazeera, Saleh telah tiba di Lanud King Khalid di Riyadh dan dikirim ke rumah sakit militer.

“Saleh menderita luka bakar dan goresan pada wajah dan dada,” kata seorang pejabat. Sebelumnya, pejabat Yaman menyebut Saleh menderita “luka ringan di bagian belakang kepala”.

Sementara itu, sumber Al Jazeera menyatakan  wakil presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi menjadi Pjs presiden dan panglima tertinggi angkatan bersenjata. Gedung Putih memastikan bahwa pembantu Presiden Obama telah berbicara dengan Hadi, meskipun rincian pembicaraan mereka belum diketahui.

Sedangkan sumber BBC menyebutkan, Saleh menderita luka bakar dan terkena serpihan roket dalam serangan Jumat. Sumber-sumber tersebut mengatakan pecahan peluru artileri menembus di bawah jantung Presiden Saleh dan dia menderita luka bakar derajat kedua (serius) di wajah dan dada.

Aparat pemerintah belum mengukuhkan pernyataan sumber-sumber tersebut. Kalangan pejabat Yaman sebelumnya membantah laporan-laporan bahwa Saleh telah meninggalkan negaranya.

Presiden Saleh mengudarakan pesan audio Jumat larut malam waktu setempat dan menyatakan dia dalam keadaan sehat. Namun, dia belum muncul di depan publik. Namun, masih ada spekulasi beredar mengenai kondisi sang presiden pasca serangan.

(detik.com/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya