SOLOPOS.COM - Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi. (Youtube-Sekretariat Presiden)

Solopos.com, JAKARTA — Sembilan orang warga negara Indonesia (WNI) yang sebelumnya terjebak 22 hari di Kota Chernihiv, Ukraina, berhasil dievakuasi ke zona aman.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyatakan proses evakuasi WNI itu sangat mendebarkan.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

“Proses evakuasi sangat sangat sangat tidak mudah. Setiap hari, selama kurang lebih 22 hari, upaya untuk mengevakuasi para WNI dari Chernihiv terus dilakukan. Namun, baru hari ini mereka berhasil dievakuasi melalui jalur Kiev, kemudian ke Lviv dan kemudian menyeberang ke wilayah Polandia,” kata Retno Marsudi dalam pengarahan pers yang diikuti dari Jakarta, Jumat (18/3/2022).

Baca Juga: 24 WNI di Ukraina Bertahan di Tengah Invasi Rusia, Ini Alasannya

Dia menjelaskan berbagai skenario dan jalur evakuasi yang dibuat harus terus disesuaikan hampir setiap hari karena situasi di lapangan yang terus berubah.

“Alhamdulillah, sembilan WNI tersebut saat ini sudah berada di zona aman,” ujar Menlu seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Dia melanjutkan setibanya di Warsawa, Polandia, seluruh WNI akan menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum nantinya berangkat menuju Tanah Air pada Minggu (20/3/2022) menggunakan pesawat komersial.

Dengan demikian, sebanyak 133 orang warga negara Indonesia yang berada di Ukraina telah berhasil dievakuasi.

Baca Juga: Sebagian WNI Dievakuasi dari Ukraina Tertahan di Rumania karena Covid

Terdapat 23 orang WNI yang memilih tinggal di Ukraina, rata-rata atas alasan keluarga, dan sembilan orang staf esensial KBRI yang saat ini berada di Kota Lviv.

Sementara itu, Direktur Perlindungan WNI Kemenlu RI Judha Nugraha, yang saat ini berada bersama para WNI yang telah dievakuasi, mengatakan aspek keselamatan menjadi prioritas utama selama evakuasi dilakukan.

“Oleh karena itu, waktu menunggu mendapatkan window yang aman bagi evakuasi memang memakan waktu yang lama,” ujarnya.

Komunikasi dan koordinasi intensif dengan berbagai pihak di Ukraina juga terus dilakukan guna memastikan evakuasi dapat dilakukan dengan aman.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya