SOLOPOS.COM - Tim khusus kepolisian mendatangi rumah dinas Irjen Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, Senin (1/8/2022). (ANTARA/Luthfia Miranda Putri)

Solopos.com, JAKARTA — Tim khusus (Timsus) Polri memeriksa petugas PCR dari Smart Co Lab dan sopir mantan Kadiv Propam Polri, Irjen Pol. Ferdy Sambo, terkait penyidikan kasus polisi tembak polisi yang menyebabkan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J meninggal.

Direktur Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri, Brigjen Pol. Andi Rian Djajadi, menyampaikan petugas Smart Co Lab yang diperiksa adalah petugas yang melakukan tes PCR terhadap Irjen Pol. Ferdy Sambo saat peristiwa baku tembak antarpolisi terjadi, Senin (8/7/2022).

Promosi Harga Saham Masih Undervalued, BRI Lakukan Buyback

“Pemeriksaan di Bareskrim Polri. Petugas Smart Co Lab yang melakukan PCR dan sopir IJP FS [Inspektur Jenderal Polisi Ferdy Sambo] saat hari kejadian,” kata Andi.

Sebelumnya diberitakan bahwa Irjen Pol. Ferdy Sambo tidak berada di Tempat Kejadian Perkara (TKP) saat peristiwa polisi tembak polisi terjadi. Irjen Pol Ferdy Sambo disebut-sebut sedang melaksanakan test PCR. Hal itu mengacu keterangan polisi. .

Tes PCR dilaksanakan di rumah pribadi Irjen Pol. Ferdy Sambo. Jarak rumah pribadi Irjen Pol Ferdy Sambo sekitar 100 meter dari TKP.

Baca Juga : Uji Balistik di Rumah Dinas Irjen Ferdy Sambo, Ini yang Dicari Polisi

Menurut keterangan polisi, Irjen Pol Ferdy Sambo melakukan tes PCR karena baru pulang dari Magelang. Pemeriksaan saksi tersebut, kata Andi, dimulai hari ini, Senin (1/8/2022).

Pemeriksaan masih berlangsung hingga berita ini ditayangkan. “{Pemeriksaan] di Bareskrim. Sementara berlangsung,” ucap Andi.

Di sisi lain, Komnas HAM menyebutkan bahwa lokasi tes PCR Kadiv Propam nonaktif, Irjen Pol Ferdy Sambo, dan istrinya, Putri Candrawathi berbeda.

Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam, menyebut berdasarkan rekaman CCTV, tes PCR itu dilakukan di rumah pribadi Irjen Pol Ferdy Sambo, kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan. Dia juga mengungkap informasi Ferdy Sambo melakukan tes PCR di lokasi berbeda.

“PCR dilakukan di rumah pribadi, bukan di rumah TKP atau yang biasa disebut sebagai rumah dinas. Jadi jelas, PCR dilakukan di rumah pribadi,” kata Choirul Anam di Kanal YouTube Humas Komnas HAM RI, Sabtu (30/7/2022).

Baca Juga : Di Mana Ferdy Sambo Saat Brigadir J Tewas Ditembak?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya