SOLOPOS.COM - Penerbangan perdana maskapai Susi Air rute Jember-Sumenep di Bandara Notohadinegoro Jember, Selasa (10/1/2023) (ANTARA/Zumrotun Solichah)

Solopos.com, JEMBER — Penerbangan perdana pesawat Grand Caravan dari maskapai Susi Air dengan rute Jember-Sumenep berjalan lancar di Bandara Notohadinegoro Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa (10/1/2023).

Jenis pesawat yang digunakan untuk penerbangan rute Jember-Sumenep sama dengan rute penerbangan Jember-Surabaya yakni Grand Caravan dengan kapasitas penumpang sebanyak 12 orang.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

“Alhamdulillah hari ini maskapai Susi Air mendarat dan lepas landas dengan sempurna di Bandara Notohadinegoro, semuanya berjalan lancar,” kata Kepala Dinas Perhubungan Jember, Agus Wijaya di Bandara Notohadinegoro.

Agus Wijaya mengatakan, jadwal penerbangan rute Jember-Sumenep atau sebaliknya saat ini baru sepekan sekali pada hari Selasa.

Ia berharap okupansi penumpang terus bertambah sehingga ada penambahan jadwal tidak hanya sekali sepekan.

Dijelaskan Agus, jumlah penumpang pada penerbangan perdana maskapai Susi Air rute Jember-Sumenep sebanyak 11 orang, termasuk Kepala Dinas Perhubungan Sumenep yang tiba di Bandara Notohadinegoro Jember.

“Kementerian Perhubungan akan mengevaluasi okupansi penumpang yang menggunakan moda transportasi udara rute Jember-Sumenep PP. Mudah-mudahan bisa tetap berkelanjutan penerbangan tersebut,” katanya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Dinas Perhubungan (Dishub) Jember, lanjut dia, sudah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak termasuk pondok pesantren dan berbagai lembaga di Sumenep untuk mendongkrak okupansi penumpang untuk penerbangan tersebut.

“Mudah-mudahan dengan tambahan penerbangan Jember-Sumenep, Bandara Notohadinegoro bisa semakin ramai dan mendongkrak sektor perekonomian di Kabupaten Jember karena tiket penerbangan Jember-Sumenep PP masih disubsidi pemerintah pusat,” ujarnya.

Penerbangan pesawat Grand Caravan milik maskapai Susi Air dengan rute Sumenep-Jember di Bandara Trunojoyo pada Selasa pukul 12.04 WIB dan tiba di Bandara Notohadinegoro Jember pada pukul 12.44 WIB dengan harga tiket Rp247.000 per orang.

Kemudian dari Bandara Notohadinegoro dengan rute Jember-Sumenep berangkat pada pukul 12.54 WIB dan diprediksi tiba di Bandara Trunojoyo pada pukul 13.34 WIB dengan harga tiket Rp242.000 per orang.

Sementara itu, penerbangan rute Jember-Surabaya dengan menggunakan pesawat Cesna Grand Caravan rute Jember-Surabaya PP di Bandara Notohadinegoro Jember melayani penumpang setiap hari sejak 22 Desember 2022.

Jadwal keberangkatan pesawat tersebut yakni pukul 06.00-06.30 WIB dari Bandara Jember menuju Surabaya, kemudian jam 06.45 hingga 07.15 WIB dari Bandara Juanda Surabaya menuju Jember.

Selain itu, ada juga jadwal pukul 16.00-16.30 WIB dari Jember ke Surabaya dan pada pukul 16.45 sampai 17.15 WIB mendarat di Bandara Notohadinegoro Jember namun jadwal penerbangan sore hari masih dievaluasi untuk mengantisipasi cuaca buruk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya