SOLOPOS.COM - Ilustrasi Bendera Merah Putih. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Dalam memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-78, pemerintah melalui Kemensetneg telah merilis tema besar yang bisa dijadikan pedoman menyambut peringatan hari bersejarah bagi bangsa ini.

Peluncuran tema tersebut dilakukan pada Senin, 12 Juni 2023 secara daring. Bersamaan dengan itu, juga dirilis logo HUT RI ke-78. Dalam keterangan di laman resmi Sekretariat Kabinet RI, logo tersebut merupakana pilihan dari Presiden Jokowi.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

“Ini adalah logo yang dipilih oleh Bapak Presiden,” kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono

Adapun tema besar dari HUT RI ke-78 adalah Terus Melaju untuk Indonesia.

Tema tersebut memiliki makna pencapaian yang telah diraih Indonesia menjadi aksi nyata keberlanjutan pembangunan dengan semangat estafet.

Pada Dirgahayu Republik Indonesia ke-78 pada tahun ini, pemerintah juga mengajak seluruh elemen bangsa untuk melaju bersama dan menggelorakan semangat perjuangan yang belum berakhir. Selayaknya olahraga estafet, yang merefleksikan semangat kolektif, berharmoni, berkolaborasi serta sinkronisasi irama gerak dan sinergi pikiran dari tiap-tiap pelari untuk satu tujuan.

Hal tersebut sesuai dengan tema HUT RI ke-78 sebagai bentuk energi gerak untuk Indonesia agar laju momentum ini Terus Melaju untuk Indonesia Maju.

Sementara itu, untuk logo HUT RI ke-78 yang telah dirilis mempunyai makna yang mencerminkan rasa tegas, stabil, lugas, dan kesatuan serta bermakna meneruskan laju pertumbuhan secara kolektif, mendorong seluruh elemen bangsa untuk memiliki sifat tanggung jawab bersama, serta bergerak secara harmoni menuju Indonesia Maju.

Selain itu, sejalan dengan tema, konsep visual logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI menggambarkan keberlanjutan pembangunan dengan semangat estafet, terus melaju, tanggung jawab bersama, berlandaskan Pancasila, gotong royong, bergerak maju, serta menuju Indonesia Maju.

Untuk tema, logo, dan panduan lengkap HUT RI ke-78, masyarakat bisa langsung mengunduhnya di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya