SOLOPOS.COM - Hari Kesaktian Pancasila. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah baru saja merilis tema dan naskah ikrar untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun ini yang jatuh pada Minggu, 1 Oktober 2023.

Hari Kesaktian Pancasila merupakan hari bersejarah bagi masyarakat Indonesia yang berkaitan dengan peristiwa G30S PKI pada 30 September 1965 yang didalangi oleh Partai Komunis Indonesia (PKI). Mereka menculik dan membunuh enam perwira tinggi dan satu perwira pertama TNI AD. Jenazah para korban yang selanjutnya dinamakan Pahlawan Revolusi dimasukkan ke dalam sumur tua di Lubang Buaya Pondok Gede Jakarta.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Mereka diculik oleh para pengawal Pasukan Pengawal Presiden atau Cakrabirawa yang dianggap loyal kepada PKI. Jenderal TNI Abdul Haris Nasution berhasil selamat dari pembunuhan. Namun, putrinya yang bernama Ade Irma Suryani Nasution dan ajudannya Lettu CZI Pierre Andreas Tendean meninggal dalam peristiwa tersebut.

Untuk memperingati hari bersejarah tersebut, pemerintah melalui Kemendibudristek mengangkat tema Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju dalam Hari Kesaktian Pancasila 2023. Tema tersebut bisa menjadi pedoman dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Dalam buku Penyelenggaran Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2023 yang diterbitkan Panitia Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2023, salah satu acara untuk memperingati hari bersejarah itu adalah pembacaan naskah ikrar Hari Kesaktian Pancasila.

Berikut ini naskah ikrar yang dimaksud, di mana di tingkat pusat akan dibacakan oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Naskah Ikrar Hari Kesaktian Pancasila 2023

Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya:

Bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia; bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara;

Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia;

Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Demikian tema dan naskah ikrar Hari Kesaktian Pancasila 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya