SOLOPOS.COM - General Manager Telkom Witel Jogja Firmansyah (tiga dari kiri) menandatangani naskah kerja sama dengan Ketua PWI DIY Sihono HT di kantor PWI Jln Gambiran 45 Jogja, Rabu (29/11/2017). (IST/Dok PWI)

Nantinya, kantor PWI akan disediakan fasilitas Wifi Corner yang bisa dimanfaatkan masyarakat umum

Harianjogja.com, JOGJA-PT Telekomunikasi Indonesia membuat paket khusus Indihome untuk komunitas blogger dan wartawan.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Untuk wartawan ada paket senilai Rp290.000 dengan fasilitas internet dengan 10 Mbps dan 100 menit telepon lokal dan SLJJ. Hal itu diungkapkan General Manager Telkom Witel Jogja Firmansyah di sela-sela penandatanganan kerja sama antara PT Telkom dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jogja dan Koperasi Pena Kencana Jogja di kantor PWI Jalan Gambiran 45 Jogja, Rabu (29/11/2017).

Ada empat kerja sama yang dilakukan, yaitu Agency Sales Indihome dengan Koperasi Pena Kencana, Agency Sales WMS dengan Koperasi Pena Kencana, Wifi Corner dengan PWI DIY dan Wifi id SSO dengan PWI DIY. Penadatanganan ini dilakukan Firmansyah yang mewakili Telkom dengan Ketua PWI DIY Sihono HT yang mewakili PWI dan Agus Susanto yang mewakili Koperasi Pena Kencana.

Firmansyah mengatakan, kerja sama ini diharapkan bisa segera direalisasikan pada Desember mendatang. Nantinya, kantor PWI akan disediakan fasilitas Wifi Corner yang bisa dimanfaatkan masyarakat umum. “Tarifnya cukup murah hanya Rp5.000 dan masyarakat bisa memanfaatkan penggunaan internet sepuasnya selama enam jam,” jelasnya dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Rabu (29/11/2017).

Firmansyah mengatakan, kerja sama ini bisa segera direalisasi karena PWI memiliki tempat yang luas dan letaknya strategis. Selain itu juga memiliki fasilitas yang lengkap.

Selain kerja sama tersebut, Telkom juga membuka kesempatan untuk kerja sama Kelas Berbagi. Dalam kelas ini, peserta akan diajari untuk membuat vlog dan menulis untuk anak-anak.

Ada juga penawaran bagi komnitas wartawan dengan jumlah minimal 20 orang untuk berlangganan paket wifi dengan biaya Rp35.000 dan mereka nantinya bisa mengakses internet berkecepatan 20 Mbps yang terkait dengan jaringan wifi milik Telkom.

Sihono menyambut baik kesepakatan ini. Dia mengatakan, kerja sama ini diharapkan bisa mensehajterakan anggota PWI, khususnya mereka yang ikut Koperasi Pena Kencana yang anggotanya adalah wartawan yang ada di DIY.

 



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Warga Solo Bisa Menghibahkan Buku ke Perpusda, Begini Caranya

Warga Solo Bisa Menghibahkan Buku ke Perpusda, Begini Caranya
author
Ahmad Mufid Aryono Minggu, 28 April 2024 - 15:00 WIB
share
SOLOPOS.COM - Perpustakaan Daerah (Perpusda) Solo saat menyerahkan hibah buku kepada pengelola Taman Cerdas Panularan dan Karangasem saat kegiatan Festival Literasi 2024 di Jl Slamet Riyadi, Minggu (28/4/2024). (Solopos.com/Candra Septian Bantara)

Solopos.com, SOLO– Perpustakaan Daerah (Perpusda) Solo membuka kesempatan seluas-luasnya bagi warga untuk dapat menghibahkan bukunya ke perpustakaan. Caranya mudah dan tidak ada batasan jumlah maupun jenis buku.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Solo, Arif Handoko, kegiatan Festival Literasi 2024 pada event Car Free Day (CFD) di Jl Slamet Riyadi, Minggu (28/4/2024).

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

“Kami sudah menjalankan program hibah buku atau pemberian buku dari masyarakat sudah cukup lama. Sejauh ini yang cukup aktif hibah buku adalah lembaga-lembaga publik dan perusahaan. Padahal masyarakat pun juga bisa turut andil di dalamnya,” kata dia.

Lebih lanjut Arif menjelaskan bahwa program hibah ini tujuannya tidak lain agar minat baca makin tinggi dan jumlah buku yang bisa dibaca masyarakat bertambah dan bervariasi. Dengan koleksi buku yang lengkap juga secara tidak langsung akan meningkatkan kunjungan masyarakat ke perpustakaan.

Koran Solopos

Bagi warga Solo yang tertarik menghibahkan bukunya dan turut andil dalam peningkatkan literasi di Kota Bengawan caranya mudah. “Warga cukup datang membawa bukunya berapapun jumlahnya ke Perpusda Solo. Kemudian nanti kami berikan berita acara penerimaan buku. Dan buku tersebut nantinya bisa kami taruh di Perpusda, perpustakaan keliling, maupun perpustakaan-perpustakaan di kelurahan,” imbuh Arif.

Sementara itu, salah satu perwakilan penghibah buku Perpusda dari Gramedia, Riski, mengaku bahwa perusahaannya memang menaruh perhatian khusus pada budaya literasi di Solo. Oleh karena itu, pihaknya sudah berulang kali memberikan hibah buku bagi warga lewat Perpusda Solo.

“Harapannya kolaborasi kami dengan Perpusda Solo terus berjalan baik sehingga niat baik kita untuk menghidupkan literasi di kota ini terus terjaga,” katanya.

Emagazine Solopos

Rizki juga mengajak kepada semua warga Solo untuk juga turut aktif dalam melestarikan kegemaran baca di kotanya. Salah satunya dengan ikut menghibahkan bukunya ke Perpusda Solo.

Perpusda Solo buka setiap hari bagi warga yang ingin berkunjung atau menghibahkan buku. Senin-Kamis mulai pukul 08.00-16.30 WIB, dan untuk Jumat pukul 08.00-14.30 WIB. Sedangkan saat akhir pekan Sabtu-Minggu mulai pukul 08.00-16.00 WIB.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Gibran dan Sandiaga Uno Diundang Buka Solo Menari 2024, Ini 3 Lokasinya

Gibran dan Sandiaga Uno Diundang Buka Solo Menari 2024, Ini 3 Lokasinya
author
Ahmad Mufid Aryono Minggu, 28 April 2024 - 14:53 WIB
share
SOLOPOS.COM - Anggota komunitas Solo Menari membawakan Tari Animal Movement saat berlangsungnya Solo Car Free Day di Jl. Slamet Riyadi, Solo, Minggu (28/4/2024). Kegiatan yang dikuti puluhan anggota tersebut untuk mengajak masyarakat menyambut Hari Tari Sedunia yang akan digelar pada Senin, 29 April 2024. (Solopos/Joseph Howi Widodo).

Solopos.com, SOLO– Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno diundang membuka Solo Menari 2024 di Balai Kota Solo, Senin (29/4/2024). Penyelenggara menyiapkan kejutan bagi penonton.

Kreator Solo Menari 2024, Heru Mataya, menjelaskan Gibran dan Sandi diundang membuka Solo Menari 2024 di Balai Kota Solo pukul 14.00 WIB. Heru tidak menjelaskan secara detail keterlibatan Gibran dan Sandi apakah ikut menari seperti Solo Menari 2023.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

“Nanti ada surprise, yang pasti ada yang berbeda dari tahun lalu,” jelas Heru kepada Solopos.com melalui sambungan telepon, Minggu (28/4/2024).

Heru menjelaskan Solo Menari 2024 masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf).

Koran Solopos

Penyelenggara Solo Menari 2024 mengusung tema Animal Movements dengan mengangkat gerakan hewan untuk menjadi sumber inspirasi para penari yang tergabung. Tradisi tari di Indonesia banyak yang terinspirasi dengan gerak hewan.

Selain menjadikan hewan sebagai inspirasi tari, kata Heru, Solo Menari 2024 mengangkat sejarah kebun binatang di Kota Solo dengan memilih tiga lokasi untuk Solo Menari, yakni Taman Sriwedari (Bonrojo), Solo Safari, dan Balai Kota Solo.

“Solo punya Bonrojo yang merupakan kebun binatang pertama di Solo [1901-1972] lalu dipindah ke Taman Satwa Taru Jurug yang kini menjadi Solo Safari,” papar dia.

Emagazine Solopos

Heru mengatakan Tari Kolosal Darma Pashutaya melibatkan 250 penari dari 15 sanggar di Taman Sriwedari mulai pukul 09.00 WIB. Sejumlah maestro tari Solo terlibat, termasuk Waldjinah.

Kemudian para ada perarakan Solo Menari menggunakan 10 kereta kuda ke Balai Kota Solo. Sedangkan para maestro menuju Solo Safari menyaksikan pertunjukkan mulai pukul 11.00 WIB.

Para pengunjung Solo Safari akan dihibur 50 penari kontemporer yang tampil di enam kandang Solo Safari. Para penari menyatu dengan binatang yang sudah dikurasi, yang nyaman, dan akrab dengan pertunjukan.

Interaktif Solopos

Selanjutnya Solo Menari 2024 digelar di Balai Kota Solo pukul 14.00 WIB hingga 23.00 WIB. Sebanyak 41 kelompok tari dari berbagai daerah di Indonesia memeriahkan Solo Menari 2024. Endah Laras menjadi bintang tamu Solo Menari 2024 di Balai Kota Solo.

Agenda Solo Menari 2024:

Tari Kolosal Darna Pushutaya di Taman Sriwedari Solo pukul 09.00 sampai 10.00 WIB



Dance on the Zoo di Solo Safari pukul 11.00 WIB sampai 12.00 WIB

Colorful Dance di Balai Kota Solo pukul 15.00 WIB hingga 22.00 WIB

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

BPBD: 77 KK di Cianjur Mengungsi karena Pergerakan Tanah

BPBD: 77 KK di Cianjur Mengungsi karena Pergerakan Tanah
author
Newswire , 
Chelin Indra Sushmita Minggu, 28 April 2024 - 14:48 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrai pergerakan tanah yang brpotensi memicu bencana alam tanah longsor. (Antara-Ahmad Fikri)

Solopos.com, CIANJUR — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, terpaksa mengungsikan 77 kepala keluarga di Desa Jatisari, Kecamatan Bojongpicung, dampak pergerakan tanah yang terus meluas, tiga rumah ambruk dan puluhan lainnya rusak.

Kepala Pelaksana BPBD Cianjur Asep Sukma Wijaya di Cianjur, Minggu, mengatakan pergerakan tanah melanda tiga kampung di Desa Jatisari, Jumat (26/4/2024) membuat warga diungsikan ke sejumlah lokasi yang dinilai aman dari pergerakan tanah.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

“Berdasarkan data 65 bangunan rumah yang rusak dan terancam, 36 bangunan di antaranya rusak sedang dan ringan, serta 27 rumah terancam, dan 234 jiwa mengungsi ke sejumlah lokasi aman,” katanya sebagaimana dilansir Antara.

Pihaknya bersama petugas gabungan terdiri atas Basarnas Cianjur, PMI Cianjur, TNI/Polri dan relawan mendirikan posko kesehatan dan dapur umum untuk memberikan pelayanan kemanusiaan bagi warga yang mengungsi.

Koran Solopos

Bahkan sejak Sabtu (27/4/2024) hingga Minggu (28/4/2024) pagi, petugas gabungan melakukan pembersihan puing rumah yang ambruk dengan melakukan upaya penanganan cepat untuk menghindari hal yang tidak diinginkan dengan memasang garis kuning di sejumlah titik agar warga tidak melintas.

“Memasuki hari ketiga, pergerakan tanah masih terjadi, sehingga warga dilarang melintas untuk sementara ke perkampungan karena takut hujan kembali turun dan pergerakan tanah terus meluas sehingga dapat mengancam keselamatan warga,” katanya.

Camat Bojongpicung Aziz Muslim, mengatakan hingga Minggu pihaknya bersama petugas gabungan mendata rumah yang terdampak dan terancam di kampung Sukajadi, Cisalada dan Kampung Pasar Cinde, karena sekitar 65 rumah dan tiga di antaranya ambruk terbawa longsor dari pergerakan tanah.

Emagazine Solopos

Sebanyak 77 kepala keluarga (KK) yang terdampak dan terancam pergerakan tanah saat ini sudah dievakuasi, karena ditakutkan hujan kembali turun terutama saat petang membuat pergerakan tanah kembali meluas dan dapat mengancam keselamatan warga.

“Sampai Minggu petang masih terdengar gemuruh dan retakan bangunan rumah terdampak semakin panjang, warga yang mengungsi diimbau tetap waspada dan tidak masuk ke perkampungan untuk sementara,” katanya.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories