SOLOPOS.COM - Ribuan relawan Anies Baswedan bertemu bakal calon presiden Anies Baswedan ddi Tenis Indoor Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (21/5/2023). (Antara/Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, JAKARTA — Calon presiden (capres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan dikabarkan segera mengumumkan calon wakil presiden (cawapres) yang terjawab sebelum 16 Juli.

Sebelumnya, Anies bertemu dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Pacitan, Jawa Timur, pada Kamis (1/6/2023). 

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

KPP yang terdiri dari Partai Demokrat, Partai NasDem, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang akan dipasangkan dengan Anies Baswedan. 

Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya membenarkan Tim Delapan sudah memutuskan satu nama bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk Anies Baswedan untuk Pilpres 2024.

“Cawapres sudah kami putuskan di tim delapan jadi satu nama. Kemarin, Anies Baswedan ke Pacitan untuk menyampaikan hasil tim ke Susilo Bambang Yudhoyono. Hari ini ke Bapak Surya Paloh dan nanti dijadwalkan ke Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan Habib Salim Segaf Al-Jufri,” kata Willy Aditya di Kantor DPP Nasdem, Jakarta, Jumat (2/6/2023).

Tim Delapan terdiri atas Partai Nasdem diwakili oleh Sugeng Suparwoto dan Willy Aditya yang menjabat sebagai Ketua DPP Partai Nasdem; PKS diwakili Wakil Ketua Majelis Syuro Sohibul Iman dan Ketua DPP Al-Muzammil Yusuf.

Kemudian Partai Demokrat diwakili oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Teuku Riefky Harsya dan Iftitah Sulaiman Suryanegara sementara perwakilan Anies Baswedan yakni Sudirman Said dan Dadang Dirgantara.

Hasil Tim Delapan itu, kata Willy, dilaporkan Anies Baswedan kepada para petinggi partai politik dalam koalisi.

“Paling lambat deklarasinya 16 Juli 2023 di Gelora Bung Karno (GBK),” ungkapnya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Willy tidak mengatakan siapa kandidat cawapres yang mendampingi Anies Baswedan, apakah dari internal koalisi atau dari luar koalisi.

Sebelumnya, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengatakan pembahasan nama cawapres untuk Anies mengerucut, sehingga dalam waktu dekat bisa diumumkan. 

Mardani menjelaskan, Tim Kecil yang terdiri dari perwakilan Anies dan tiga partai pengusungnya sudah lama membahas nama cawapres yang cocok untuk Anies. 

Oleh sebab itu, dalam satu atau dua hari ke depan pasangan Anies dapat disampaikan ke publik.

“Hasil [pembahasan cawapres] Tim Kecil kita mulai mengerucut, doakan satu dua hari ini sudah bisa menyebutkan nama,” ujar Mardani usai acara Bimteknas PKS di Hotel Millenium, Jakarta Pusat, Selasa (30/5/2023) malam. 

Tak hanya itu, dia menyatakan kandidat cawapres Anies sudah mengerucut pada tiga nama yaitu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Wakil Ketua Majelis Syura PKS Ahmad Heryawan (Aher). 

Mardani mengungkap salah satu dari tiga nama itu sudah 80 persen pasti akan menjadi cawapres Anies. Meski demikian, dia tak menutup kemungkinan ada nama kejutan lain yang tiba-tiba muncul. 

“Kemungkinan selalu ada tapi kalau saya bisa menyebutkan 80 persen tiga orang itu. Insya Allah, tapi kan politik itu 20 persen juga satu lain hal lah,” ujar anggota Komisi II DPR ini. 

 

Sumber: Antara, Bisnis.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya