SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA- Wakil Gubernur DKI Jakarta rupanya tidak berhenti membuat gebrakan. Kali ini soal menggenjot pajak DKI Jakarta. Rencananya Wakil Gubernur DKI Jakarta akan menargetkan pemasukan pajak sampai Rp40 triliun tahun depan.

Target ambisius ini menurut Basuki merupakan hal yang wajar karena di Jakarta banyak hal yang bisa di dorong untuk menggenjot pajak.

“Kami mau tancap gas, jadi bisa lewat Rp20 triliun,Rp30 triliun, langsung Rp40 triliun kan mantap, ngapain dikit-dikit,” jelas Ahok kepada JIBI/Bisnis, Senin (3/12/2012).

Seperti diketahui dalam pertemuan dengan Dinas Pajak DKI, Jumat(301/11), Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama menolak mentah-mentah usulan dari Dinas Pajak.

Menurut Basuki, jika mulai tahun depan menggunakan sistem pajak online, Dinas Pajak akan minta tambahan anggaran lagi sebesar Rp300 miliar. Inilah yang menyulut emosi sang Wakil Gubernur.

“Kita maunya tahun depan dengan sistem online, dia (Dinas Pajak) gak sanggup kalau sistem dibayar online jadi butuh tambahan anggaran lagi Rp300 miliar untuk sistem online itu, kan itu aneh,” jelas Basuki.

Melihat hal tersebut Basuki menolak dan tidak mau menambahkan lagi. Sebagai jalan keluarnya Pemerintah akan menggandeng pihak Bank dalam menata Pajak Online.

“Kita kerja sama dengan bank saja, intinya kan mau mengetahui total omzet wajib pajak.Kita bikin surat biar wajib pajak itu harus pasang online bank yang kita tunjuk, bank mana ajalah.Dengan itu kita bisa mengatur dengan cepat berapa total penghasilannya,” jelasnya.

Menurut Basuki melalui bank bisa di buat surat pernyataan atau debet 10 % masuk ke rek pajak, dengan demikian pada 2013 diharapkan seluruh objek pajak bisa diketahui omzetnya.

“Banyak kok bank yang ditunjuk, dia dapat uang cash, salah satunya, BRI, Mandiri, BCA semua mau.
BRI sudah komit. kalau yang lain gak mau ikut, suruh BRI aja semua, ya kan. Untung kan bank..dia dapat uang cash,” tanggap Basuki. Emanuel Tome Hayon/JIBI/Bisnis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya