SOLOPOS.COM - Wapres Boediono bersama Ketua MPR Taufiq Kiemas (JIBI/SOLOPOS/Antara)

Wapres Boediono bersama Ketua MPR Taufiq Kiemas (JIBI/SOLOPOS/Antara)

PADANG — Wakil Presiden RI Boediono menyampaikan ucapan belasungkawa atas meninggalnya Ketua MPR Taufiq Kiemas, hari ini Sabtu (8/6/2013) pada pukul 18.05 wib.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Wapres mengaku merasa terkejut dan merasa kehilangan ketika mendengar kabar duka tersebut.
“Saya sangat terkejut mendengar berita tersebut karena yang terakhir saya bersama beliau di Ende beliau terlihat sangat ceria bersama dengan rekan-rekan dari MPR dalam memperingati hari kesaktian pancasila ditempat yang sangat bersejarah. Dan saya merasa dia anggap itu istimewa,” ujar Wapres dalam pernyataan persnya di Hotel Boska Padang, Sumatera Barat, Sabtu.

Menurutnya, selama ini secara pribadi dirinya mengenal almarhum sebagai tokoh yang sering memberi pandangan kepada Wapres dalam rangka pengelolaan bangsa.

Selain itu, Wapres menilai peran suami dari mantan Presiden Megawati itu sangat unik dalam waktu terakhir, dimana kehidupan politik tanah air diwarnai masalah pragmatisme dan pertimbangan pengambilan keputusan jangka pendek.

Menurut Wapres, almarhum juga sering mengingatkan pentingnya pentingnya dasar negara yang terdiri dari empat pilar, dimana baginya hal itu sangat penting sebagai landasan dasar bernegara Indonesia.

Wapres mengatakan langkah yang terbaik dalam mengingat almarhum adalah melanjutkan pemikirannya dalam mengamalkan dan menghayati sila-sila dalar negara yang terdiri dari empat pilar itu.

Selain itu, katanya, juga meneruskan keinginan dan pemikiran Taufik Kiemas untuk memeringati hari kesaktian Pancasila di tempat-tempat bersejarah bangsa Indonesia.

“Saya doakan perjamalan beliau menghadapi sang Khalik lancar dan keluarga yang ditinggalkan bersabar,” tambahnya.

Wapres menambahkan dirinya akan mempercepat kepulangan ke Jakarta besok pagi dan memotong semua kegiatan yang rencananya akan dilaksanakan selama kunjungan kerja di Padang sejak hari ini. Namun, dia belum memastikan pukul berapa kepulangannya itu, dan siapakah yang akan memimpin upacara penghormatan terakhir kepada almarhum. Meski demikian dia mengaku siap jika diminta.

Karena kabar duka itu Wapres membatalkan serangkaian acara yang rencananya dihadiri di Padang, Minggu (9/6/2013) besok. Wapres dan rombongan akan kembali ke Jakarta pada pukul 07.00 wib, dari semula pukul 12.15 wib.

Kunjungan kerja Wapres besok rencsmanya meninhau Pelabuhan Indonesia Cabang Teluk Bayur kota padang, dan meninjau sejumlah proyek PNPM disana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya