SOLOPOS.COM - ilustrasi (dok Solopos)

ilustrasi (dok Solopos)

Solo (Solopos.com)--Tarif sewa mobil di sejumlah rental mobil naik tajam hingga 100% selama Lebaran. Kendati tarif naik, jasa rental mobil tetap diburu.

Promosi BRI Peduli Ini Sekolahku, Wujud Nyata Komitmen BRI Bagi Kemajuan Pendidikan

Bahkan, sejumlah pengelola mengaku mobil full booked paling tidak pada empat hari sebelum dan setelah Lebaran. Pengelola Rental Mobil Delfia Prima Trans, Budi Susanto, mengatakan permintaan mobil selama Lebaran terjadi sejak sebulan lalu. Para pemesan umumnya pelanggan lama yang setiap Lebaran selalu menggunakan mobil Delfia Prima. Mereka menyewa untuk jangka waktu tiga hari hingga sepekan.

Khusus selama Lebaran, Budi menjelaskan, tarif yang diterapkan meningkat sampai 200%. Sebagai contoh, tarif yang semula hanya Rp 300.000/24 jam dengan sistem lepas kunci alias tanpa sopir, selama Lebaran tarif menjadi Rp 450.000-Rp 600.000. Dengan kata lain, tarif naik 50%-100% atau harga sekarang 200% dibanding tarif di hari biasa.

“Tarif Lebaran bisa 200% tarif hari biasa. Walaupun harga naik begitu, peminatnya ternyata banyak. Kami sampai terpaksa menolak,” ungkap dia, saat ditemui wartawan, di ruang kerjanya, Senin (8/8/2011).

Menurut Budi, delapan unit mobil dengan tiga varian mobil yang tersedia untuk momen Lebaran dipesan mulai 22 Agustus hingga 4 September. Pemesan, kata dia, berencana memakai mobil untuk perjalanan mudik atau berkunjung ke kerabat di dalam kota dan luar Kota Solo.

Hal senada disampaikan Marketing Officer Hiro Rental Car & Tour Travel, Santi Suryani dan Elisa Dwi Ayunendra. Santi menjelaskan belasan unit mobil Hiro untuk periode 26 Agustus hingga 3 Agustus telah habis dipesan. Sama seperti Budi, Santi juga mengaku harga sewa mobil selama masa Lebaran naik minimal 50%. Seperti Toyota Alphard, tarif sewa mobil ini selama H-7 hingga H+7 Lebaran mencapai Rp 2,5 juta/12 jam dengan sopir dan BBM dalam kota. Tarif tersebut naik dari tarif hari biasa senilai Rp 1,75 juta/12 jam.

Soal mobil pilihan, dia menyebut mobil dengan jumlah seat banyak, seperti Innova dan Avanza umumnya lebih disukai. Hiro sendiri menawarkan 12 varian mobil dari kelas menengah hingga mewah selama momen Lebaran.

(tsa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya