SOLOPOS.COM - Gedung ilustrasi (gigaom.com)

Gedung ilustrasi (gigaom.com)

JAKARTA—Hong Kong masih mencatatkan sebagai kota dengan tarif sewa kantor paling mahal di Asia Pasifik, disusul Tokyo dan Beijing.

Promosi BRI Perkuat Kolaborasi Strategis dengan Microsoft Dorong Inklusi Keuangan

Riset terbaru perusahaan konsultan properti global Jones Lang LaSalle menyebutkan tarif sewa kantor grade A di Hong Kong pada kuartal I/2012 mencapai US$1.562 per m2 per tahun.

Posisi kedua ditempati Tokyo dengan tarif 1.003 per m2 per tahun, lalu Beijing US$905 per m2 per tahun.

Singapura yang menjadi pusat bisnis dan keuangan di Asia Tenggara berada pada posisi keempat dengan tarif sewa US$757 per m2 per tahun.

Tarif sewa kantor di Jakarta masih terbilang murah dibandingkan kota-kota lain di Asia Pasifik.

Tarif sewa kantor dengan kualitas premium di Jakarta tercatat US$207 per m2 per tahun dan berada pada posisi 19 dari 23 kota yang disurvei.

Adapun posisi Jakarta di atas dari Kuala Lumpur (US$180), Bangkok (US$175), Bangalore (US$143), dan Chennai (US$122).

Tarif sewa kantor Jakarta yang masih terjangkau, mendorong perusahaan asing maupun nasional tetap melakukan ekspansi untuk menambah ruang kantor baru.

Kebutuhan ruang kantor di Jakarta justru mendorong permintaan pada kuartal I/2012 sehingga pertumbuhan tarif sewa di Jakarta tertinggi se-Asia pasifik.

Laju pertumbuhannya mencapai 7,9% dibanding kuartal sebelumnya. Jika dibandingkan periode sama tahun lalu pertumbuhannya mencapai 50%.

Tarif sewa kantor yang mahal di Hong Kong dan Tokyo justru membuat permintaannya turun. Pada kuartal I/2012 tarif sewa kantor di Hong Kong mengalami kontraksi -6,3% dan Tokyo -1%.

Jane Murray, Kepala Riset Asia Pasifik Jones Lang LaSalle mengatakan ketidakastian kondisi ekonomi global berimbas pada menurunnya permintaan tambahan kantor baru.

Meskipun kondisi ekonomi Asia Pasifik masih positif, namun mayoritas perusahaan memilih bersikap menunggu selama awal 2012.

“Pasar sewa kantor pada tahun ini juga cenderung akan menurun dibandingkan 2011,” katanya dalam riset terbaru yang diterima Jaringan Informasi Bisnis Indonesia, Minggu (6/5).

Berikut 10 besar kota dengan tarif sewa kantor termahal:
Kota                    Tarif (m2/ tahun)
Hong Kong               US$1.562
Tokyo                         US$1.003
Beijing                      US$905
Singapura               US$757
Shanghai                 US$754
Perth                         US$677
Mumbai                   US$666
Ho Chi Minh          US$488
Sydney                    US$483
Taipei                      US$479

Sumber: Jones Lang LaSalle

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya