SOLOPOS.COM - Beberapa wali murid melakukan pembuatan akun dan verifikasi berkas di Gedung Aula SMAN 9 Solo, Jumat (16/6/2023). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO — Meski sudah ada SMA negeri di Kecamat Pasar Kliwon, Solo, sejumlah warga di sana ada yang lebih memilih mendaftarkan anaknya di sekolah lain pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023.

Satiyem misalnya, warga Pasar Kliwon, Solo itu memilih mendaftarkan anaknya ke SMAN 1 Solo. Ia mengatakan sejak awal anaknya memang ingin mendaftar di sekolah itu melalui jalur afirmasi.  “Anaknya penginnya di sini [SMAN 1 Solo], soalnya di sana [SMAN 9 Solo] masih sedikit [kuotanya],” kata dia ketika ditemui Solopos.com, Kamis (15/6/2023).

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

Satiyem mengatakan lebih memilih sekolah yang sudah mapan secara sarana prasarana dan ketersedian guru. Mengingat anaknya ingin kuliah, dia juga berusaha mencarikan sekolah yang menurutnya terbaik.

“Nanti lama kelamaan mungkin anak-anak yang dekat di situ tertarik. Karena masih awal [dibangun] penginnya cari sekolah yang jauh dulu, kebetulan anaknya mintanya sini,” lanjut dia.

Meski begitu dia menyambut baik adanya sekolah baru di wilayahnya itu. Sebelumnya, wilayah Pasar Kliwon merupakan salah satu daerah yang tidak masuk pada jalur zonasi SMA karena tak ada SMAN di sana. 

“Penginnya ke depan lebih bagus, kualitasnya itu ya bisa sama [dengan sekolah negeri lain]. Kalau sekarang mungkin anak-anak belum cocok,” kata dia.

Warga Pasar Kliwon lain, Titin, memilih menuruti anaknya mendaftar ke SMKN 5 Solo. Dia mendatangi posko PPDB SMAN 9 Solo untuk melakukan verifikasi berkas. “Ke sini tadi dari SMKN 5, katanya suruh cari SMA yang sepi untuk buat akun dan  verifikasi berkas, karena di sana [SMKN 5 Solo] nunggunya lama” kata dia ketika ditemui di SMAN 9 Solo, Jumat (16/6/2023).

Dia mengatakan anaknya memang ingin bersekolah ke SMK agar setelah lulus bisa langsung bekerja. Titin mengatakan jika masuk SMA paling tidak harus kuliah baru mendapat pekerjaan yang layak. Meski begitu, dia menyambut baik adanya SMA baru di Pasar Kliwon. Titin bukan berarti tidak ingin menyekolahkan anaknya ke SMAN 9 Solo, namun pilihan dia kembalikan ke anak.

“Menurut saya bagus [ada SMAN 9 Solo], tapi kan tergantung anaknya mau milih mana, karena yang sekolah itu kan bukan orang tuanya, tapi anaknya,” kata dia.

SMAN 9 Solo sendiri sudah menerima pelayanan PPDB di Aula Gedung SDN Mojo, Kec. Pasar Kliwon, Solo. Sie Informasi Panitia PPDB SMAN 9 Solo, Derry Putri mengklaim pihaknya sudah banyak membantu masyarakat membuat akun dan verifikasi berkas.

“Sudah banyak wali murid datang sekedar menanyakan untuk mencari informasi saja atau yang sudah siap verifikasi,” kata dia ketika ditemui Solopos.com di posko PPDB SMAN 9 Solo, Jumat (17/6/2023).

SMAN 9 Solo siap menampung 180 peserta didik (PD) melalui empat jalur yakni zonasi sebanyak 99 kursi, afirmasi 36 kursi, prestasi 36 kursi, dan perpindahan orang tua 9 kursi. Saat ini jadwal pelayanan baru pada tahap pengajuan akun dan verifikasi berkas dari tanggal 15-23 Juni 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya