SOLOPOS.COM - Pemudik yang mengantre menuju kapal penyeberangan ferry milik ASDP di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten. Minggu (16/4/2023) (Solopos.com/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, BANTENPemudik mengaku senang dengan sistem pembelian tiket kapal penyeberangan ferry milik ASDP secara daring. Menurut pemudik, pembelian tiket secara daring membuat mereka tidak perlu berdesak-desakan di Pelabuhan Merak, Cilegon Banten.

Salah satu pemudik yang mengakui kemudahan tersebut adalah Nilawati. Kepada Tim Ekspedisi Mudik 2023 Solopos, Minggu (16/4/2023), ia mengaku berangkat dari Cianjur menuju Lampung menggunakan kapal ferry.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Nilawati mengaku senang dengan sistem yang baru ini dan berharap ada pengembangan pelayanan yang lebih memudahkan pemudik.

“Saya sudah biasa mudik dari Cianjur ke Lampung naik kapal [lewat Pelabuhan Merak]. Pelayanan di pelabuhan semakin bagus. Kami senang, tapi harapan ke depan, ya semoga semakin bagus pelayanannya,” jelas Nilawati.

Sedangkan berdasarkan pantauan Tim Ekspedisi Mudik 2023 Solopos, para penumpang yang berangkat melalui Pelabuhan Merak tidak perlu lagi mengantre di loket untuk membeli tiket. Para pemudik bisa langsung naik ke kapal dan masuk ke ruangan sesuai dengan tiket yang dibeli secara daring.

Sebagai informasi, pemudik sudah tidak bisa lagi membeli tiket secara langsung di Pelabuhan Merak. Para pemudik yang berminat menggunakan kapal ferry milik ASDP bisa membeli tiket di https://www.ferizy.com atau di laman penjualan tiket secara daring.

Selain itu, pembelian tiket juga bisa dilakukan melalui mitra resmi, seperti AgenBRI Link, Alfamart, Alfamidi, Indomaret, Finpay, dan BNI Agen46.

Berikut tata cara melakukan pembelian tiket Tiket Kapal Ferry melalui laman ferizy.com:

1. Bikin akun Ferizy.

2. Masukkan isian pelabuhan asal dan tujuan berikut juga kelas layanan, menggunakan kendaraan atau tidak, tanggal dan jam jadwal masuk pelabuhan, dan jumlah penumpang. lalu klik cek cari jadwal.

3. Setelah sudah dipastikan jadwal keberangkatan dan isian lainnya klik ‘Pesan tiket’.

4. Lalu isi detail pesanan seperti nomor polisi kendaraan, identitas penumpang lalu klik ‘Pesan Sekarang’.

5. Lalu konfirmasi pesanan dan lakukan pembayaran.

6. Setelah pembayaran berhasil, e-ticket dapat diunduh melalui email atau menu ‘Pesanan Saya’ di website.

Diperkirakan puncak arus mudik di Pelabuhan Merak akan jatuh pada H-2 Lebaran. Sedangkan untuk dari Pelabuhan Bakauheni diperkirakan puncak arus balik akan mengalami puncaknya di H-5 Lebaran.

Ekspedisi Mudik 2023 adalah program kolaborasi Solopos Media Group dengan ASDP Indonesia Ferry, Pertamina Patra Niaga, PT KAI, Nasmoco, dan Oleh-oleh Khas Solo Era Jaya.

Ekspedisi Mudik 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya