SOLOPOS.COM - Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat menghadiri puncak peringatan dies natalis Fakultas Hukum Universitas Hassanudin (Unhas) Makasar, Rabu (17/3/2021). (Istimewa-Kementan)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo tidak hadiri panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada hari ini Jumat (16/6/2023), sehingga pemeriksaan bakal dijadwal ulang.

Wakil ketua KPK Nurul Ghufron mengatakan bahwa Syahrul Yasin Limpo tidak memenuhi panggilan karena sedang berada di India.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

“Iya yang bersangkutan (SYL) memberitahu KPK bahwa yang bersangkutam terjadwal kegiatan ke India,” kata Ghufron kepada wartawan, Jumat (16/6/2023), seperti dilansir dari Bisnis.com.

Ghufron kemudian mengatakan bahwa pemanggilan akan dijadwalkan kembali pada tanggal 27 Juni 2023 sesuai dengan permintaan Syahrul Yasin Limpo.

Syahrul Yasin, atau akrab disapa SYL, dipanggil terkait penyelidikan dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). Menteri dari Partai NasDem itu diundang untuk memberikan keterangan. 

KPK telah meminta keterangan sejumlah pihak terkait dengan kasus dugaan korupsi di Kementan. 

Namun demikian, lembaga antirasuah belum mau membeberkan siapa saja pihak yang sudah dimintai keterangan dalam penyelidikan kasus dugaan rasuah di kementerian tersebut. 

KPK bakal mengirimkan surat pemanggilan pemeriksaan kembali kepada Syahrul Yasin Limpo pada Senin (19/6/2023).

Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan bahwa dalam surat panggilan yang akan dilayangkannya, Syahrul Limpo diminta untuk hadir pemeriksaan pada Senin (19/6/2023).

“Tim penyelidik segera kirimkan kembali undangan permintaan keterangan dimaksud untuk dapat hadir pada Senin (19/6/2023),” kata Ali dalam keterangannya, Jumat (16/6/2023).

Dalam surat pemanggilan tersebut, Ali mengharapkan Syahrul Limpo dapat hadir ke gedung merah putih KPK untuk dimintai keterangan. 

Lebih lanjut, keterangan dari Syahrul Limpo dibutuhkan pihaknya untuk menentukan proses berikutnya dalam pengusutan kasus dugaan korupsi ini.

“Permintaan keterangan tersebut dibutuhkan, sehingga segera dapat kami lakukan analisis untuk menentukan sikap berikutnya pada tahap proses penyelidikan ini,” ujarnya.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Syahrul Yasin Limpo Tidak Hadiri Panggilan KPK” dan  “Batal Diperiksa, KPK Panggil Kembali Syahrul Yasin Limpo Senin Pekan Depan”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya