SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo mengajak anak cucunya berakhir pekan di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pada Sabtu (25/5/2024). ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden RI

Solopos.com, MAGELANG — Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama keluarga menghabiskan libur akhir pekan mereka dengan mengunjungi Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (25/5/2024).

Di saat yang sama, Rakernas V Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tengah berlangsung di Jakarta.

Promosi Top! BRI Masuk Daftar 20 Perusahaan Top yang Perlu Diperhatikan Tahun 2024

Tampak bersama Presiden yakni Ibu Negara Iriana, anak pertamanya, Gibran Rakabuming Raka beserta istrinya Selvi Ananda, dan kedua cucu Presiden, Jan Ethes Srinarendra serta La Lembah Manah.

Dilansir Antara, kedatangan Presiden sekitar pukul 10.00 WIB langsung menyita perhatian pengunjung lainnya yang juga menikmati keindahan salah satu situs warisan budaya dunia tersebut.

Heri Setiawan, pemandu dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang mendampingi rombongan Presiden selama kunjungan, menyampaikan beberapa informasi tentang Candi Borobudur dan kelestariannya.

Menurut dia, Presiden Jokowi sempat bertanya terkait pengaturan pengunjung yang ingin naik ke atas candi.

“Beliau menyambut baik, memberi tanggapan positif terkait dengan pembatasan jumlah kunjungan karena mau tidak mau kalau kunjungan tidak dibatasi nanti akan mengakibatkan percepatan perusakan dan pelapukan Candi Borobudur,” kata Heri.

Selama kunjungan, Presiden Jokowi juga berinteraksi dengan cucu-cucunya, mengajarkan mereka tentang sejarah dan pentingnya pelestarian situs bersejarah.

Pertanyaan dari Jan Ethes tentang relief dan stupa, serta dialog pendidikan antara kakek dan cucu, menunjukkan momen edukatif yang berharga.

“Ini candi Buddha ya Mas Ethes? Kalau Candi Prambanan candi apa?” ujar Presiden Jokowi kepada Jan Sebelumnya, Presiden mengajak Jan Ethes bersepeda bersama melintasi sejumlah wilayah di Yogyakarta, Sabtu pagi.

Presiden dan Jan Ethes mengayuh sepedanya melintasi beberapa titik ikonik Kota Yogyakarta, mulai dari Jalan Wijilan, Alun-Alun Kidul, Pasar Ngasem, Alun-Alun Utara, hingga Titik Nol Kilometer.

Kebersamaan kakek dan cucu itu mendapatkan perhatian warga Yogyakarta dan para wisatawan.

Friday, seorang wisatawan dari Probolinggo, Jawa Timur, mengungkapkan keberuntungannya bisa bertemu dengan Presiden Jokowi sebanyak dua kali dalam waktu singkat.

“Dari semalam sudah dapat kaus, terus ini dapat foto juga, sama Bapak. Alhamdulillah, senang banget,” kata Friday.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya