SOLOPOS.COM - Ilustrasi utang negara. (Ilustrasi/gfmag.com)

Solopos.com, SOLO — Mungkin banyak yang mengira bahwa, negara dengan utang terbanyak adalah negara berkembang saja.

Padahal, hal itu tidak sepenuhnya benar karena pada dasarnya hampir semua negara memiliki utang. Bahkan, banyak negara maju yang justru memiliki banyak utang.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

Lantas, negara mana saja yang memiliki utang terbanyak di dunia? Seperti dilansir idxcchannel dari World Population dan sumber lain, Selasa (2/5/2023), berikut daftar negara utang terbanyak di dunia:

1. Spanyol

Negara pertama yang masuk ke dalam daftar negara dengan utang terbanyak di dunia yaitu ada negara Spanyol. Negara yang berbatasan dengan kawasan Eropa Barat Daya ini merupakan ternyata memiliki utang yang tidak sedikit.

Negara Spanyol ternyata terlilit utang sebesar 95,54% dari PDB pada 2022. Angka tersebut apabila diperkirakan dapat mencapai US$1,24 triliun atau sekitar EUR 1,09 triliun.

Selain diketahui memiliki banyak utang, Spanyol juga diketahui memiliki wilayah yang luas dan jumlah penduduk yang cukup banyak. Luas wilayah Spanyol mencapai 505.990 km2 yang menjadikan negara terbesar kedua yang ada di Uni Eropa. Sementara itu, populasi penduduk yang dimiliki oleh negara ini yaitu 47.558.630 penduduk.

2. Amerika Serikat

Negara dengan utang terbanyak di dunia selanjutnya yaitu ada Amerika Serikat. Negara ini merupakan negara yang terkenal sebagai negara termaju yang ada di dunia. Bahkan negara ini juga punya pengaruh yang sangat besar terhadap negara lainnya.

Hingga kini, negara tersebut juga masih sangat konsisten dalam memengaruhi negara lainnya. Tapi siapa sangka, jika ternyata negara ini punya utang besar yaitu US$19,23 triliun pada 2022.

Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto menyatakan Amerika Serikat (AS) pada praktiknya belum pernah gagal bayar utang kendati per 31 Maret 2023 total tunggakan negara tersebut mencapai 31,45 triliun dolar AS.

“Cukup sering fenomena terkait dengan batas utang Amerika yang kemudian memicu risiko gagal bayar, walaupun dalam praktiknya belum pernah Amerika sampai gagal bayar karena walaupun mungkin terjadi pro dan kontra, toh di ujung akhirnya biasanya secara politik kenaikan plafon utang disepakati [antara pemerintah AS dengan dan DPR AS],” kata dia dalam acara Market Review yang diadakan IDX Channel secara virtual, Jakarta, Selasa (2/5/2023) seperti dilansir Antara.

3. Belgia

Negara dengan utang terbanyak berikutnya yaitu Belgia. Negara yang berada di Eropa Barat ini memiliki utang mencapai EUR 399,5 miliar atau setara dengan US$456,18 berdasarkan data 2022. Selain nominal utang yang besar, Belgia juga memiliki jumlah penduduk yang cukup banyak. Populasi penduduk yang dimiliki oleh negara Belgia mencapai 11,65 juta penduduk.

4. Siprus

Negara selanjutnya yang memiliki utang terbesar di dunia yaitu negara Siprus dengan jumlah hutang mencapai US$21,64 miliar atau sama dengan 18,95 miliar EUR berdasakan data 2022. Populasi penduduknya yaitu 1,25 juta jiwa dan angka tersebut termasuk 91,08% dari PDB negara tersebut.

5. Bhutan

Negara kelima yang termasuk ke dalam daftar negara dengan utang terbanyak di dunia yaitu ada negara Bhutan. Negara ini masuk dalam kawasan Asia Selatan dan menjadi negara yang memiliki utang terbanyak di Asia.

Berdasarkan data pada 2022, populasi penduduk dari negara Bhutan sekitar 782.455 jiwa dengan utang nasional sebesar US$2,33 miliar atau sudah mencapai 106,49% PDB.

6. Singapura

Daftar negara dengan utang terbanyak yang ke-10 adalah Singapura. Pada 2022, utang nasional negara tetangga Indonesia ini tercatat hingga USD2,54 miliar. Utang tersebut setara dengan 109,37 persen dari PDB.

Nah, itulah ulasan tentang sejumlah negara dengan utang terbanyak di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya