SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dok)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

JOGJA – Sepanjang 2012 ini, jumlah penumpang yang melalui PT. Angkasa Pura (AP) I Bandar Udara (Bandara) Internasional Adisutjipto diprediksi mencapai 4,8 juta penumpang. Jumlah tersebut naik jika dibandingkan 2011 lalu yang mencapai 4,3 juta penumpang.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

“Diprediksi tahun ini naik sebesar 11,6 persen dimana rata-rata penumpang perbulannya mencapai 400.000 penumpang. Sedangkan jumlah penumpang per Oktober 2012 ini sudah mencapai 4,067.707 penumpang,” ujar Assistant Manager Sistem Informasi dan Tapor AP I Bandara AdiSutjipto, Faizal Indra Kusuma dikantornya, Rabu (12/12/2012).

Meski peminat angkutan udara meningkat, namun sebenarnya dengan jumlah penumpang mencapai lebih dari 4 juta, bandara Adisutjipto sudah mengalami kelebihan kapasitas. Pasalnya kapasitas penumpang bandara hanya mempu untuk menampung 1,5 juta penumpang per tahunnya.

Menurut Faizal berkembangnya pariwisata dan perekonomian di DIY beberapa tahun terakhir, membuat pertumbuhan penumpang pesawat di DIY setiap tahunnya mencapai lebih dari 10 %. Dengan total sembilan maskapai yang beroperasi dan 140 kali penerbangan dalam satu hari otomatis kepadatan sangat terasa di bandara tersebut.

Selain slot time (jeda waktu penerbangan) yang cukup padat, ruang tunggu penumpang pun menjadi tak nyaman. Untuk itu, pada 2013 mendatang pihaknya akan segera melakukan pengembangan dan perluasan agar penumpang tak lagi menumpuk di terminal kedatangan maupun keberangkatan.

“Kami akan melakukan beberapa perluasan, antara lain perluasan ruang check in dengan memindahkan tiketing yang tadinya ada di bagian depan menjadi di sebelah barat bandara, selain itu kami juga akan memindahkan terminal internasional ke bagian barat terminal yang sekarang atau disebelah barat gedung pemadam kebakaran,” jelasnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya