SOLOPOS.COM - Survei elektabilitas Populi Senin 26 Juni 2023. (Istimewa/Populi)

Solopos.com, JAKARTA – Tingkat keterpilihan alias elektabilitas Ganjar Pranowo mengungguli dua bakal calon presiden lainnya yaitu Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Hal tersebut ditunjukkan hasil survei terbaru Lembaga Public Opinion and Policy Research (Populi) Center yang disiarkan di Jakarta, Senin (26/6/2023).

Dalam survei itu ditanyakan seandainya pemilihan presiden berlangsung bertepatan dengan tanggal survei pada 5–12 Juni 2023 maka siapakah yang akan dipilih. Ganjar Pranowo memperoleh suara 35,8% suara dari total 1.200 responden, sementara Prabowo Subianto 33,4%, dan Anies Baswedan 23,2%. Peneliti Populi Center Hartanto Rosojati saat menyampaikan hasil surveinya di Kantor Populi Center, Jakarta, menambahkan dalam survei yang sama, Populi Center juga mengajukan pertanyaan terbuka ke 1.200 responden. Hasilnya, tingkat elektabilitas Ganjar Pranowo masih menempati urutan teratas dengan perolehan 21,9% suara, diikuti oleh Prabowo Subianto 19,3%, Anies Baswedan 14,4%, Joko Widodo 6,3%, Ridwan Kamil 1,3%, dan Mahfud Md. 0,7%.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Nama Presiden Joko Widodo masih masuk dalam daftar karena Populi Center mengajukan pertanyaan terbuka ke para responden, artinya lembaga survei tidak membatasi responden dengan nama-nama tokoh yang harus dipilih.

Sementara itu, hasil dari pertanyaan terbuka untuk tingkat keterpilihan tokoh-tokoh sebagai calon wakil presiden (cawapres), Sandiaga Uno menempati urutan pertama dengan perolehan 9,8%, diikuti oleh Ridwan Kamil 7,5%, Erick Thohir 5,9%, Mahfud Md. 4,7%, Anies Baswedan 4,3%, Agus Harimurti Yudhoyono 3,9%, Ganjar Pranowo 2,9%, Prabowo Subianto 2,9%, Khofifah Indar Parawansa 1,5%, dan Ma’ruf Amin 1,1%.

Baca Juga:

Survei PPI, Gibran Tak Tergoyahkan di Pilgub Jateng 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya