SOLOPOS.COM - Ilustrasi Capres 2024 (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, JAKARTA — Survei terbaru Pilpres 2024 dari Poltracking Indonesia menunjukkan elektabilitas pasangan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming unggul di Pulau Sumatra. 

Sementara itu, suara pemilih di Pulau Jawa masih cenderung terbagi-bagi ke tiga pasangan capres-cawapres. 

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Survei Poltracking ini menunjukkan peta sebaran elektabilitas tiga pasangan capres-cawapres berdasarkan delapan kluster wilayah. 

Pertama wilayah Sumatra, yang didominasi Prabowo-Gibran (41,9% suara) dibandingkan pasangan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (30,4%) atau Ganjar Pranowo – Mahfud MD (16,9%). 

Kedua wilayah Jawa Barat, yang mana Prabowo-Gibran (39,5%) cukup unggul dari Anies-Imin (32,6%) dan Ganjar-Mahfud (25,8%). 

Ketiga wilayah Jawa Timur, di mana bersaing ketat pasangan Prabowo-Gibran (41,7%) dengan Ganjar-Mahfud (38,3%). 

Mereka meninggalkan cukup jauh pasangan Anies-Imin (17,8%). Keempat wilayah Jawa Tengah-DIY Yogyakarta, di mana Ganjar-Mahfud (53,3%) sangat dominan meninggalkan Prabowo-Gibran (27,2%) dan Anies-Imin (13,3%). 

Kelima wilayah Kalimantan-Bali-Nusa Tenggara, di mana pasangan Prabowo-Gibran (45%) meninggalkan cukup jauh pasangan Ganjar-Mahfud (28,6%) dan Anies-Imin (17,9%). 

Keenam wilayah DKI Jakarta-Banteng, di mana Prabowo-Gibran (46%) cukup meninggalkan Anies-Imin (34%) dan Ganjar-Mahfud (19%). 

Ketujuh wilayah Sulawesi, yang dikuasai Prabowo-Gibran (48,9%). Pasangan ini meninggalkan jauh perolehan suara Ganjar-Mahfud (24,4%) dan Anies-Imin (23,3%). 

Kedelapan atau terakhir wilayah Maluku-Papua, di mana bersaing ketat Ganjar-Mahfud (36,3%) dan Prabowo-Gibran (35%). Kedua pasangan itu cukup meninggalkan Anies-Imin (26,3%). 

Survei Poltracking ini diselenggarakan pada 28 Oktober hingga 3 November 2023 dengan jumlah 1220 responden yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Wawancara responden secara tatap muka dan dipilih menggunakan metode multistage random sampling, dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Survei Poltracking: Prabowo-Gibran Dominasi Sumatra, Siapa Kuasa Jawa?”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya