SOLOPOS.COM - Bakal calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (tengah) didampingi istri Selvi Ananda (kanan) bersiap menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Kamis (26/10/2023). (Antara/Galih Pradipta)

Solopos.com, JAKARTA — Lembaga Survei Nasional (LSN) merilis hasil survei terbarunya terkait elektabilitas pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) untuk Pilpres 2024.

Survei yang digelar pada 5-12 November 2023 dengan jumlah responden sebanyak 1.420 orang di 38 provinsi di Indonesia tersebut menunjukkan bahwa elektabilitas paslon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka kembali naik hingga 42,1%.

Promosi Indeks Bisnis UMKM BRI: Ekspansi Bisnis UMKM Melambat tapi Prospektif

Elektabilitas paslon Ganjar Pranowo-Mahfud MD berada di posisi kedua dengan perolehan 28,8%, disusul paslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 25,5%. Sisa 3,9% responden masih belum menentukan pilihan.

Direktur Eksekutif LSN, Gema Nusantara Bakry, mengatakan bahwa hasil survei tersebut menunjukkan bahwa Prabowo-Gibran berpeluang lolos ke putaran kedua Pilpres 2024.

“Prabowo-Gibran berpotensi lolos ke putaran kedua. Sementara itu, Ganjar-Mahfud dan Anies-Cak Imin masih berpeluang untuk lolos putaran kedua, tapi juga bisa tereliminasi,” ujar Gema dalam keterangan resminya di Jakarta, Sabtu (25/11/2023).

Menurut Gema, ada beberapa faktor yang menyebabkan elektabilitas Prabowo-Gibran naik. Pertama, Prabowo-Gibran dianggap bisa melanjutkan program Presiden Jokowi (34,5%). Kedua, Prabowo-Gibran dinilai sebagai kombinasi tua-muda yang ideal dengan latar belakang TNI dan sipil (18,7%). Ketiga, kinerja keduanya sebagai Wali Kota dan Menhan dianggap sangat baik (14,2%).

“Alasan lainnya karena Prabowo-Gibran dinilai selalu mengedepankan persatuan nasional (12,3%) dan memiliki strategi sosialisasi lewat media sosial yang menarik (11,9%),” kata Gema.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judulLembaga Survei Nasional: Elektabilitas Prabowo-Gibran Naik 42,1 Persen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya