SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi surat suara dalam pemilu. (dataindonesia.id)

Solopos.com, JAKARTA — Survei terbaru dari Litbang Kompas memperlihatkan perubahan komposisi elektabilitas partai politik (parpol) yang akan bertarung dalam Pemilu 2024. 

Survei itu menunjukkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masih menjadi partai politik dengan elektabilitas tertinggi. 

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Sementara, Partai Demokrat menyalip Partai Golkar di peringkat ketiga partai dengan elektabilitas paling tinggi. Adapun elektabilitas PDIP sebanyak 23,3 persen. 

Gerindra mengikuti di peringkat kedua dengan 18,6 persen. Sementara itu, Demokrat berada di peringkat ketiga dengan 8 persen.

Golkar mengikuti dengan 7,3 persen. Lalu, Partai NasDem dengan 6,3 persen. Setelahnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan 5,5 persen.

Sisanya, partai parlemen saat ini seperti Partai Keadilan Sejahtera (3,8 persen), Partai Amanat Nasional (3,2 persen), dan Partai Persatuan Pembangunan (2,9 persen) ternyata tak memenuhi ambang batas parlemen sebesar 4 persen.

Sementara itu, semua partai non parlemen dan partai baru seperti Partai Perindo (3,1 persen), Partai Hanura (0,6 persen), Partai Bulan Bintang (0,4 persen), Partai Solidaritas Indonesia (0,3 persen).

Kemudian, Partai Gelora (0,3 persen), Partai Buruh (0,3 persen), Partai Ummat (0,1 persen), dan Partai Kebangkitan Nusantara (0 persen) juga tak ada yang tembus ambang batas parlemen.

Menariknya, jika dibandingkan dengan survei Litbang Kompas pada Januari 2023 maka kali ini Demokrat menyalip Golkar di peringkat ketiga.

Pada Januari, Golkar memperoleh 9 persen suara sementara Demokrat mendapat 8,7 persen suara. 

Sementara kini, meski sama-sama mengalami penurun suara, namun Golkar lebih buruk (turun 1,7 persen) dibandingkan Demokrat (turun 0,7 persen). 

Untuk parpol lainnya, tak ada saling salip-menyalip. Survei Litbang Kompas ini diselenggarakan pada 29 April-10 Mei 2023 dengan jumlah sampel 1.200 yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sampel dipilih menggunakan teknik penculikan sistematis bertingkat, dengan margin eror kurang lebih 2,83 persen.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Survei Litbang Kompas: Demokrat Tendang Golkar, PKS-PAN-PPP Tak Lolos DPR”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya