SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Seorang pendaki ditemukan meninggal dunia di kawah Gunung Sundoro. Sementara satu lagi dievakuasi tim SAR dari gunung yang berada di Temanggung Jawa Tengah tersebut.

Informasi meninggalnya pendaki Sundoro tersebut disampaikan Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono. Belum diketahui identitas keduanya.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Surono mengatakan, dia menerima laporan dari Pos Pemantau Gunung Sundoro. “Satu sedang diupayakan untuk dievakuasi dari kawah Sundoro,” katanya kepada Harian Jogja, Selasa (1/1/2013).

Surono juga telah  merekomendasikan kepada tim SAR untuk membawa tabung oksigen dan menggunakan masker gas untuk mengantisipasi gas beracun. “Semua gunung mengeluarkan gas-gas berbahaya. Tetapi ada yang berlebihan seperti Dieng dengan CO-nya,” katanya lagi.

Meski saat ini status Sundoro pada level Normal, Surono juga meminta masyarakat untuk berhati-hati dan tidak mendekati kawah. “Saya tahu masyarakat haus rekreasi alam. Tetapi alam punya batas-batas yang harus dihormati,” katanya lagi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya