SOLOPOS.COM - Budi Hartono. (Bisnis-Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Robert Budi Hartono merupakan orang terkaya nomor satu di Indonesia. Dia merupaka bos PT Djarum yang juga memiliki bisnis di berbagai sektor.

Berdasarkan laporan Forbes, total kekayaannya mencapai US$21,9 miliar atau setara Rp310,9 triliun. Namun sumber kekayaannya bukan hanya dari PT Djarum saja.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Dikutip dari Okezone, Kamis (18/11/2021), melalui Djarum Grup, Budi Hartono dan saudaranya merambah bisnis lain di bidang elektronik, Polytron. Perusahaan ini memproduksi berbagai produk elektronik rumah tangga yang sudah beroperasi selama 30 tahun.

Baca juga: Wis Numpuk, Harta 10 Orang Terkaya RI Tak Mampu Lunasi Utang Indonesia

Budi Hartono juga merambah bisnis lain di bidang komunikasi melalui Djarum Media. Selain itu, doa dan kakaknya, Michael Hartono juga menjadi pemegang saham terbesar Bank Central Asia. Saham ini pun menjadi penyumbang terbesar harta kekayaan keluarga Hartono.

Budi Hartono juga tercatat memiliki perkebunan sawit seluas 65.000 hektare di Kalimantan Barat. Bos Djarum ini pun memiliki sejumlah properti di Jakarta, salah satunya Grand Indonesia, pusat perbelanjaan di Jakarta Pusat.

Baca juga: Selain Dieng, 5 Wisata di Wonosobo Ini Tak Kalah Indah

Sebagai informasi, pria kelahiran Semarang, 28 April 1940 itu menempati posisi pertama orang terkaya di Indonesia berdasarkan laporan majalah Forbes. Perjalanan bisnisnya berawal sejak masih muda yang mana dia mewarisi perusahaan yang hampir bangkrut.

Di usianya yang masih 22 tahun, Budi, mewarisi perusahaan Djarum di Kudus yang sempat mengalami kebakaran hebat. Di tengan sang kaka, Michael Hartono, perushaan itu kembali sukses hingga menguasai pasar dalam dan luar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya