SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Minat masyarakat Solo terhadap investasi sukuk ritel seri 005 (SR005) dinilai cukup tinggi. Bahkan, agen penjual SR005 baik dari kalangan perbankan maupun sekuritas optimistis target penjualan SR005 bisa tercapai.

Branch Manager Bank Muamalat Solo, Karsono, menyampaikan Bank Muamalat Solo ditarget menjual SR005 senilai Rp3 miliar.

Promosi BRI & E9pay Perkuat Kolaborasi Tingkatkan Layanan Finansial bagi PMI di Korsel

“Untuk saat ini pemesanan sudah mencapai 65% dari target. Paling tidak sudah ada delapan investor yang pesan, dan rata-rata investasi dari investor itu berkisar Rp100 juta hingga Rp500 juta,” kata Karsono, kepada Solopos.com, Kamis (14/2/2013).

Dia menyampaikan, tahun lalu Bank Muamalat hanya bertindak sebagai subagen penjual sukuk ritel. “Target tahun lalu hanya Rp1 miliar, tapi bisa tercapai Rp1,5 miliar.”

Karsono optimistis, hingga akhir masa penjualan SR005 yaitu Jumat (22/2/2013) pekan depan, target Rp3 miliar itu bisa tercapai. SR005 sendiri sudah mulai dijual sejak Jumat (8/2/2013).

“Respons masyarakat cukup baik. Kalau di Bank Muamalat, investor SR005 itu ada yang dari nasabah Muamalat sendiri ada pula yang bukan nasabah. Dan kebanyakan memang dari kalangan pebisnis.” Menurut dia, masyarakat tertarik berinvestasi ke sukuk ritel karena selain adanya imbal hasil yang lebih tinggi dari pada deposito, investor juga berpeluang mendapatkan gain atau keuntungan dari kenaikan harga sukuk ritel di pasar sekunder.

Karsono melanjutkan, kendati ada investor SR005 yang merupakan nasabah, tapi pihaknya memastikan, dana yang digunakan investor untuk berinvestasi SR005 bukan dari hasil pencairan dana deposito di Bank Muamalat.
“Harapannya memang tidak ada kanibal,” ujar dia.
Memang, untuk imbal hasil sukuk ritel seri 005 ini cukup menarik bahkan lebih menarik dari bunga  deposito.
“Imbal hasilnya sampai 6%.”

Karsono menjelaskan, Bank Muamalat lebih menyasar calon investor yang memiliki tabungan minim penarikan.
“Nasabah yang punya dana ‘dingin’ atau nganggur, bisa memilih alternatif ke sukuk ritel. Selain itu kami juga tawarkan langsung kepada calon investor yang tidak mendapatkan jatah sukuk ritel seri sebelumnya.”

Branch Manager PT Danareksa Sekuritas Solo, Melcy RS Makarawung, juga menyampaikan minat masyarakat Solo terhadap sukuk ritel seri 005 lima ini cukup besar. Dia mengatakan, saat ini sudah ada 90-an nasabah yang berminat membeli sukuk ritel di Danareksa Sekuritas.
Menurut dia, investasi ini dinilai menarik karena aman, minim risiko, dijamin undang-undang pokok dan bunga, serta ada sweetener untuk investor ritel karena menawarkan yield lebih menarik dari pada SUN dan deposito.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya