SOLOPOS.COM - SAMPEL DNA -- Petugas Disaster Victim Identification (DVI) sedang mengambil sampel DNA dari salah satu keluarga kandung korban jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100. (JIBI/SOLOPOS/Antara)

SAMPEL DNA -- Petugas Disaster Victim Identification (DVI) sedang mengambil sampel DNA dari salah satu keluarga kandung korban jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100. (JIBI/SOLOPOS/Antara)

JAKARTA – Dua keluarga korban pesawat Sukhoi belum menyerahkan sampel DNA mereka kepada tim dari Disaster Victim Identification (DVI) untuk dibandingkan dengan DNA dari jenazah yang sudah dievakuasi tim SAR.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

“Masih ada kekurangan dua sampel DNA, kemarin ada yang datang keluarganya tapi bukan keluarga langsung. Yang datang ipar dan sepupunya,” kata Kepala Bidang Pusdokkes Polri Kombes Pol Anton Castilani dalam jumpa pers di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (12/5/2012).

Tim DVI membutuhkan sampel DNA dari keluarga langsung seperti ayah, ibu, saudara kandung maupun anak dari korban untuk dapat melakukan identifikasi melalui DNA, sehingga diharapkan agar keluarga korban dapat mendatangi posko DVI untuk memberikan sampel. “Kami membutuhkan sampel DNA untuk diberikan di Posko ante mortem di Halim (Bandara Halim Perdanakusuma) untuk dibandingkan nantinya,” kata Anton.

Tim DVI sejauh ini sudah mengumpulkan data ante mortem (tanda-tanda dan ciri-ciri korban semasa hidup) dari 35 korban yang merupakan warga negara Indonesia (WNI). Sedangkan untuk 12 korban yang berasal dari negara asing, tim DVI telah meminta profil DNA kepada kedutaan masing-masing untuk dibandingkan dengan korban. Anton menyebut 12 warga asing itu adalah 10 orang warga negara Rusia, satu orang warga Amerika Serikat (AS) dan satu orang warga Perancis.

Tim SAR telah mengirimkan empat kantong mayat ke RS Polri pada Sabtu pagi dan tim DVI telah mulai melakukan proses pembagian dan deskripsi dari jenazah-jenazah tersebut. Setelah dilakukan deskripsi, tim DVI akan melakukan pencatatan untuk ciri-ciri korban untuk dilakukan pembandingan dengan data ante mortem.

Proses identifikasi akan dilakukan lewat beberapa hal yaitu sidik jari, gigi geligi, DNA, tanda-tanda fisik/medik dan dari properti milik korban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya