SOLOPOS.COM - Ketua DPP PDIP Puan Maharani saat akan mengikuti kampanye di Benteng Vastenburg, Sabtu (10/2/2024). (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Para anak Presiden RI juga ikut terlibat dalam Pemilu 2024 sebagai calon legislatif (caleg) DPR RI. Mereka di antaranya, Puan Maharani, Edhie Baskoro Yudhoyono, dan Titiek Soeharto.

Puan Maharani yang merupakan putri dari Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri maju sebagai caleg petahana DPR RI dari Dapil Jawa Tengah V, yang meliputi Kota Solo, Boyolali, Klaten, dan Sukoharjo. Puan Maharani maju melalui PDI Perjuangan (PDIP) yang ketua umunya saat ini dijabat oleh Megawati Soekarnoputri.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Sementara itu, Edhie Baskoro Yudhoyono atau biasa disapa Ibas merupakan putra Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan maju melalui Dapil Jawa Timur VII, yang terdiri dari Ngawi, Ponorogo, Trenggalek, Pacitan, dan Magetan. Dia maju melalui Partai Demokrat yang didirikan oleh ayahandanya.

Sedangkan Titiek Soeharto yang merupakan putri Presiden ke-2 RI Soeharto maju sebagai caleg Partai Gerindra dari Dapil Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Berbeda dengan Puan dan Ibas, Titiek Soeharto kembali maju sebagai caleg DPR RI setelah 2014 silam. Pada 2014, Titiek sempat maju sebagai caleg DPR RI dari Golkar dari Dapil DIY dan berhasil memperoleh kursi di Senayan.

Lalu, berapa sih perolehan suara para anak Presiden RI ini di Pemilu 2024 untuk menuju Senayan?

Berdasarkan data real count KPU di laman resmi Pemilu2024.kpu.go.id, suara yang diperoleh dari tiga anak Presiden RI itu beragam, ada yang puluhan ribu hingga ratusan ribu. Di urutan pertama ada Ibas dengan meraup suara 249.345, dengan total suara masuk di Dapil Jatim VII sebesar 81,06%.

Berbeda pada Pemilu 2019 yang mana suara Puan Maharani menyentuh angka 404.034, pada Pemilu 2024 ini, cucu Bung Karno ini hanya meraup suara 186.033 dengan total suara masuk di Dapil Jateng V per Jumat (22/2/2024) sebesar 80,57%.

Di urutan ketiga ada Titiek Soeharto yang meraup suara sebanyak 68.736 dengan total suara masuk di Dapil DIY baru 67,61%.

Jumlah suara para anak Presiden RI ini untuk menuju Senayan ini belum final karena data real count KPU belum mencapai 100% dan pihak KPU belum mengumumkan secara resmi siapa saja yang bakal menduduki kursi di Senayan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya