SOLOPOS.COM - OC Kaligis (Dok/JIBI/Solopos)

Suap hakim PTUM Medan yang menyeret OC Kaligis diawali OTT KPK yang menangkap anak buahnya, Gary, yang belakangan jadi justice collaborator.

Solopos.com, JAKARTA — OC Kaligis, terdakwa dugaan kasus suap hakim dan panitera PTUN Medan, menolak mantan anak buahnya, M. Yagari Bhastara alias Gary, sebagai saksi dalam persidangannya.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

“Apakah sebagai justice collabolator Gary boleh jadi saksi? Nantinya akan sangat memberatkan terdakwa,” ujar kuasa hukum OC Kaligis, Humphrey Djemat, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta, Senin (28/9/2015).

Menurut kuasa hukum OC Kaligis, hal tersebut adalah sebuah pelanggaran dilihat dari sisi hukum acara. Namun, majelis hakim menolak keberatan yang disampaikan oleh pihak OC Kaligis dan tetap mendengarkan kesaksian Gary.

“Sesama terdakwa boleh didengarkan dan tidak disalahkan oleh MA asal tidak dalam satu berkas. Dan sudah ada yurisprudensi,” ujar Hakim Ketua, Sumpeno.

OC Kaligis hari ini menjalani sidang pemeriksaan saksi. Jaksa penuntut umum menghadirkan tiga orang saksi untuk terdakwa OC Kaligis yaitu M Yagari Bhastara alias Gary, Yurinda Triayuni alias Inda, dan istri Gubernur Sumatra Utara Evy Susanti.

Pengacara kondang ini didakwa oleh Jaksa Penuntut Umum memberikan suap sejumlah SGD5.000 dan USD27.000 kepada Hakim dan Panitera PTUN Medan terkait pengajuan gugatan yang diajukan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara Ke PTUN Medan.

Terkait dakwaan itu, OC Kaligis diancam hukuman pidana dalam Pasal 6 ayat (1) huruf a dan Pasal 13 UU No. 31/1999 sebagaimana diubah dengan UU No. 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana Jo Pasal 64 ayat(1) KUHpidana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya