SOLOPOS.COM - Emil Elestianto Dardak (Dok/JIBI/Solopos/Antara)

Bupati Trenggalek yang juga suami artis Arumi Bachsin, Emil Dardak, ingin pemerintah membangun tol laut selatan lewat Trenggalek.

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, mengusulkan pemerintah pusat untuk membuat jalur tol laut selatan.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Bupati Kabupaten Trenggalek, Emil Elestianto Dardak, mengatakan fokus pembangunan pemerintah daerah saat ini adalah mengandalkan laut. Menurutnya, program tol laut pemerintah belum mengakomodasi daerah-daerah tertinggal di pinggir selatan Jawa.

“Kekuatan ekonomi selama ini ada di Utara, sementara Trenggalek berada di Selatan. Lokasi Selatan tidak pernah dikembangkan, kontribusi daerah selatan dibawah 3%,” ujar Emil dalam acara Kader Bangsa Fellowship Program, Jumat (4/6/2017), di Yello Hotel Manggarai.

Dia menyatakan kemiskinan terbesar di Jawa berada di bagian selatan. Daerah yang tidak berkembang di selatan Jawa, menurut Emil, disebabkan karena kondisi geografis ditambah kepercayaan masyarakat setempat.

“Kesulitan pelabuhan di selatan Jawa adalah karena ombak yang besar, beda dengan di Cilacap, ada pulau Nusa Kambangan, jadinya ombaknya tidak sebesar pesisir selatan lainnya,” paparnya.

Oleh sebab itu, Emil mengaku bersama beberapa kepala daerah di bagian selatan Jawa membuat usulan kepada pemerintah pusat untuk bisa membuka jalur tol laut selatan untuk antardaerah di selatan Jawa saja.

“Jadi tidak perlu banyak pembangunan, kita siapkan sesuai kekayaan daerah, apalagi Selatan adalag paru-paru di Pulau Jawa, wilayah Trenggalek pun setengahnya adalah hutan,” sambung Emil.

Dia melihat potensi perekonomian di Trenggalek sangat tergantung pada sektor sumber daya alam dan pengembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Dia memaparkan keberadaan tol laut selatan ini akan memperkuat Bandara di Kediri sebagai sarana transportasi untuk wilayah-wilayah Selatan.

“Kalau ada tol laut Selatan, ada jalur Yogyakarta-Malang, lewat pesisir, ini untuk kirim barang antar selatan saja, dan akan meningkatkan perekonomian di Jawa bagian selatan,” paparnya.

Dia menjelaskan, tol laut jalur selatan akan membuka pelabuhan di Trenggalek, lalu terhubung ke Pelabuhan Kulonprogo, sampai Banyuwangi.

Ke depannya, dia berharap agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa menambah bandara dan jalur transportasi laut lainnya. Selain itu pemerintah bisa menstimulus masuknya industri jasa dan perdagangan. Selanjutnya, pemerintah juga perlu menyosialisasikan perdagangan setiap daerah.

“Bandara yang saat ini dikaji di Kediri sudah mencapai 90%, kita butuh bukan hanya untuk Trenggalek, tetapi untuk pemerataan pengembangan wilayah pinggiran seluruh NKRI,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya