SOLOPOS.COM - Sejumlah siswa SMKN 2 Solo mengikuti pelatihan elektro di Sekolah Tinggi Teknologi Warga atau STTW Solo di kampus setempat, Kamis (18/1/2024). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO—Sekolah Tinggi Teknologi Warga Surakarta atau STTW memfasilitasi pelatihan elektro secara gratis untuk ratusan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Soloraya.

Kepala Program Studi D3 Teknik Elektro, Suharjanto mengatakan pelatihan tersebut merupakan bagian dari program berbagi ilmu yang diinisiasi STT Warga.

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

“Ini kita khususkan untuk siswa SMK, yang mana kita berikan penguatan materi terkait elektronika,” kata dia ketika ditemui Solopos.com di kantornya, Kamis (18/1/2024).

Pelatihan tersebut dilaksanakan secara bertahap dari Desember 2023 sampai Januari 2024 di laboratorium kampus setempat. Sedangkan terdapat sejumlah sekolah yang mengikuti pelatihan tersebut seperti SMKN 2 Solo, SMK Batik 1 Solo, SMK Bina Patria 2 Sukoharjo, SMKN 5 Solo, dan lainnya.

Dia mengatakan ada beberapa tema pelatihan elektro yang diajarkan seperti Internet of Things (IoT), Programmable Logic Control (PLC), instrumentasi atau otomasi, dan audio. Materi tersebut dipilih berdasarkan tren industri saat ini.

Harjanto mengatakan para siswa bisa memilih program apa yang akan diikuti. Pelatihan tersebut diberikan selama dua sampai tiga hari. Sejauh ini materi IoT merupakan yang paling diminati.

Para siswa akan diajari langsung oleh dosen D3 Teknik Elektro STT Warga Solo. Harjanto mengatakan pengajar disesuaikan dengan keahlian masing-masing. “Sehingga kualitas materi yang diberikan betul-betul kita perhatikan,” kata dia.

Dia berharap para siswa yang mengikuti pelatihan tersebut bisa memperdalam materi elektro sesuai dengan bidang yang dipilih.

“Misalnya kemarin ada siswa SMK dari jurusan Teknik Komputer Jaringan, setelah memperdalam materi tentang IoT mereka paham bahwa ada hubungannya dengan apa yang pernah dipelajari di sekolahnya,” kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya