SOLOPOS.COM - Siti Latifah Herawati Diah tampil dalam Google Doodle hari ini, Minggu (3/4/2022). (Google Doodle)

Solopos.com, JAKARTA — Google Doodle hari ini, Minggu (3/4/2022), memperingati sosok jurnalis wanita terkemuka Indonesia, Siti Latifah Herawati Diah.

Dikutip dari keterangan Google, Minggu (3/4/2022), menandai peringatan kelahiran ke-105 tahun Siti Latifah. Ia lahir di Tanjung Pandan Belitung pada 3 April 1917 dan meninggal di Jakarta pada 30 September 2016.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Pada tahun 1955, Siti Latifah Herawati Diah ikut mendirikan The Indonesian Observer, surat kabar berbahasa Inggris pertama di Indonesia. Sebagai satu-satunya publikasi berbahasa Inggris di Indonesia selama lebih dari satu dekade, majalah ini menangkap aspirasi dan kesulitan bangsa yang baru merdeka untuk khalayak global.

Baca Juga : KABAR DUKA : Tokoh Pers Herawati Diah Berpulang di Usia 99 Tahun

Wanita yang akrab disapa Herawati itu mengenyam pendidikan dan belajar jurnalisme di Barnard College di New York. Ia wanita pribumi pertama lulusan universitas di Amerika Serikat pada 1939.

Dilansir dari Antara, Minggu, sebelum Herawati pergi ke AS, terlebih dahulu menempuh pendidikan di Europeesche Lagere School (ELS) di Salemba, Jakarta dan American High School di Tokyo, Jepang. Setelah lulus dari AS, ia kembali ke Indonesia pada tahun 1942.

Tak lama sebelum Revolusi Nasional Indonesia berlangsung. Ia menjadi reporter untuk newswire United Press International (UPI). Dia menikah dengan sesama jurnalis Burhanuddin Mohammad atau akrab disebut BM Diah. BM Diah kemudian menjadi Menteri Penerangan pada tahun 1968.

Baca Juga : Profil Sandiah Alias Ibu Kasur yang Tampil di Google Doodle Hari Ini

Herawati menggunakan koneksi diplomatik untuk melindungi monumen budaya Indonesia. Dia memimpin upaya mendeklarasikan Kompleks Candi Borobudur sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Herawati juga seorang advokat yang kuat untuk hak-hak perempuan. Dia mendirikan beberapa organisasi perempuan, termasuk Gerakan Pemberdayaan Suara Perempuan yang memobilisasi perempuan Indonesia untuk memilih. “Karya Doodle hari ini merayakan warisan Herawati dan jalan yang dia buka untuk perempuan di Indonesia,” kata Google.

Sebagai informasi, Google Doodle adalah perubahan logo khusus dan sementara di beranda Google yang dimaksudkan untuk memperingati liburan, acara, prestasi, dan tokoh sejarah terkemuka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya