SOLOPOS.COM - Presiden Direktur Solopos Media Group Arif Budisusilo (paling kanan), Redaktur Pelaksana Solopos Digital, Danang Nur Ihsan (kedua dari kanan), Pemimpin Redaksi Harian Jogja, Anton Wahyu Prihartono (kedua dari kiri) dengan penghargaan Media Brand Award 2022 dari Serikat Perusahaan Pers (SPS) di Riau, Rabu (6/7/2022). (Istimewa)

Solopos.com, PEKANBARU — Solopos meraih penghargaan Media Brand Award 2022 dari Serikat Perusahaan Pers (SPS).

Penghargaan itu diserahkan dalam momen perayaan puncak Hari Ulang Tahun ke-76 SPS di Kota Pekanbaru, Riau, Rabu (6/7/2022) malam.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Selain Solopos, penghargaan Media Brand Award 2022 juga diterima Bisnis Indonesia dan Harian Jogja serta sejumlah media arus utama lokal dan nasional.

Ketua Harian SPS Pusat Januar P Ruswita mengatakan Media Brand Awards 2022 ini adalah sebuah penghargaan yang diberikan kepada media arus utama, yang dinilai berhasil membangun dan mengelola brand di medium digital, dalam hal ini media sosial Twitter, Facebook, dan Instagram.

“Tujuan dari penghargaan ini adalah mendorong media untuk memanfaatkan media sosial, sebagai alat memperkuat nilai dan pengaruh brand-nya di masyarakat digital,” ujarnya saat menyampaikan kata sambutan.

Baca Juga: Asyiknya Nonton Live Music Merakyat Ala Keroncong Monpers Solo

Dia menjelaskan penghargaan Brand Media Awards 2022 ini berbasis media monitoring, yang penilaiannya berdasarkan coverage positif tertinggi di media sosial yang dihitung sepanjang Mei 2021 sampai Mei 2022.

Coverage dimaksud berupa menyebut, menampilkan, atau mendiskusikan tentang media dimaksud. Khusus kategori ini SPS bekerja sama dengan Kazee Digital Indonesia, perusahaan media monitoring independen.

Menggunakan metode kuantitatif secara real time dan analisa kualitatif yang Kazee dan SPS lakukan.

Kemudian pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang berkontribusi atas terselenggaranya berbagai kegiatan memeriahkan Hari Jadi SPS di Provinsi Riau.

Baca Juga: Dear Siswa SD, Yuk Ikutan Lomba Menulis Surat untuk Bunda Selvi Gibran

Januar mengatakan puncak peringatan HUT SPS kali ini sangat istimewa karena diselenggarakan di Provinsi Riau. Menurutnya, terselenggaranya acara tersebut merupakan hasil kolaborasi antara SPS dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

“Sebenarnya pada 8 Juni lalu SPS berulang tahun ke 76, hanya puncak kegiatannya sangat istimewa untuk tahun ini dilakukan di Riau ini,” ujarnya.

Menurutnya perkembangan industri media atau industri pers sendiri memang tidak lepas dari perkembangan inovasi digital saat ini.

Tantangan tersebut harus dijadikan peluang dan peluang itu bisa dimanfaatkan sebagai wadah untuk berkolaborasi dengan berbagai entitas. Baik entitas bisnis maupun entitas pemerintahan.

Baca Juga: Mengintip Rahasia Membuat Artikel Bergaransi Tayang di Media Massa

Dia menyebutkan peluang tersebut dimanfaatkan SPS dengan baik, di satu sisi bisa menjalankan entitas bisnisnya dan satu sisi lain tetap dijadikan industri pers ini sebagai identitas pers.

Yaitu pers yang tetap mengedepankan produk-produk jurnalisme berkualitas, bertanggung jawab dan bisa menjadi pilar demokrasi Indonesia serta menjadi bagian dari mencerdaskan bangsa.

“Kalau ekonomi sehat, ekonomi tumbuh dan bangkit, Insya Allah media industri pers akan sehat dan bisa memberikan kontribusi bagi pembangunan negara kita,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya