SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Rabu (27/12/2023).

Solopos.com, SOLO–Ulasan tentang destinasi wisata populer di Soloraya kebanjiran pengunjung di musim libur Natal dan Tahun Baru diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi Rabu (27/12/2023). Di Solo, rata-rata jumlah wisatawan yang berkunjung sekitar 13.000-an orang per hari.

Diberitakan Solopos hari ini, Kepala Bidang (Kabid) Destinasi dan Pemasaran Pariwisata Dinas Kebu­dayaan dan Pariwisata Solo, Gembong Hadiwibowo, menjelaskan jumlah wisatawan di Kota Solo pada tanggal 15 sampai 25 Desember 2023 sebanyak 137.685 orang.

Promosi BRI Group Buka Pendaftaran Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 untuk 6.441 Orang

Jumlah wisatawan mancanegara sebanyak 139 orang dan sisanya wisa­tawan Nusantara. “Kalau kami bandingkan de­ngan tanggal yang sama pada November ada kenaikan sekitar 40%,” kata dia, Selasa (26/12/2023). Gembong menjelaskan wisata pilihan wisatawan paling banyak adalah Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo Safari, Pura Mangkunegaran, Pasar Gede Solo, dan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo).

Selain itu, lanjut dia, para wisa­tawan berkunjung ke sejumlah kampung wisata, antara lain Kampung Wisata Baluwarti Solo, Kampoeng Batik Laweyan Solo, dan Kampung Batik Kauman.

Sekretaris Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Laweyan, Riyanto, menjelaskan jumlah pengunjung meningkat sekitar 50% sejak Jumat (22/12/2023). Aktivitas yang ditawarkan kampung batiknya, antara lain belanja batik, belajar membatik, dan kuliner.

Proyeksi Tren Pariwasata Tahun Depan

JAKARTA—Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memproyeksikan empat tren wisata pada 2024 mendatang. Keempat tren wisata itu adalah bleisure (business and leisure), wellness experience, deep and meaningful, serta set-jetting.

Di sisi lain, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) meminta pemerintah bersama pelaku usaha dalam negeri menurunkan tarif pesawat rute domestik agar lebih terjangkau masyarakat luas.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo mengatakan jenis wisata bleisure akan meningkat pada tahun depan. “Itu menguntungkan kita,” ujar Angela dalam Jumpa Pers Akhir Tahun yang digelar di Jakarta, Jumat (22/12/2023).

2 Kali Debat, Sikap Pemilih Belum Terlihat

JAKARTA—Dua kali pelaksanaan debat calon presiden dan calon wakil presiden yaitu sekali debat capres dan sekali debat cawapres belum bisa dijadikan acuan melihat seperti apa sikap para swing voters. Swing voters adalah pemilih yang belum punya pilihan atau sikap politik
pasti dan mengedepankan rasionalitas untuk menentukan pilihan.

Hal ini diungkapkan peneliti utama lembaga jajak pendapat Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, saat merilis hasil survei lembaganya, Selasa (26/12/2023). ”Apakah swing voters akan terbagi ke dalam satu pasangan calon saja? Tidak, data kami tidak seperti itu,” kata Burhanuddin. Burhanuddin menuturkan tren pergerakan swing voters dalam memilih calon bersifat agak bias.

Pada umumnya, bila berkaca dari pengalaman Pemilu tahun 2019 lalu, swing voters cenderung mendukung pasangan calon (paslon) yang berasal dari peta­hana. Sedangkan untuk kelompok pemilih yang belum membuat keputusan (undecided voters), lebih banyak memilih calon lainnya di luar petahana.

Punya Petani Terbanyak, Kemiskinan Ekstrem Tertinggi

WONOGIRI—Kecamatan Pracimantoro menjadi wilayah dengan jumlah petani terbanyak di Kabupaten Wonogiri. Di sisi lain, Pracimantoro menjadi tercatat menjadi wilayah dengan tingkat kemiskinan ekstrem tertinggi di Wonogiri.

Wilayah ini pun disebut menjadi penyumbang terbanyak sejumlah komoditas pertanian bagi Wonogiri. Berdasarkan data hasil sensus pertanian (ST) 2023 Tahap I Badan Pusat Statistik (BPS) Wonogiri, jumlah petani di Kecamatan Pracimantoro sebanyak 13.7543 orang atau 69% dari total jumlah petani di Wonogiri yang sebanyak 197.508 orang.

Jumlah itu menempatkan Pracimantoro menjadi penyumbang petani terbanyak di Kabupaten Wonogiri disusul kecamatan tetangganya, Eromoko yang berjumlah 11.459 orang petani. Sebanyak 20,6% penduduk Pracimantoro adalah petani. Dengan jumlah petani sebanyak itu, Pracimantoro memiliki sejumlah komoditas pertanian yang potensial. Namun, tanaman pangan masih menjadi primadona para petani di kecamatan yang berbatasan dengan Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta itu.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Rabu (27/12/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya