SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Rabu (28/2/2024).

Solopos.com, SOLO–Ulasan tentang permainan stok oleh pembeli gabah kering panen diyakini ikut memengaruhi harga beras di pasaran saat ini diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi Rabu (28/2/2024). Peran semua pihak sangat penting untuk memastikan ketersediaan pasokan beras untuk mencegah anomali kenaikan harga.

Diberitakan Solopos hari ini, Asisten Ekonomi Pembangunan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Sujarwanto Dwiatmoko, menilai kenaikan harga yang terjadi tidak wajar.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

“Sebab harga beras medium rata-rata di Jateng per 23 Februari sudah mencapai [Rp]16.300 [/kg], premium rata-rata sudah di atas [Rp]18.700[/kg]. Kenapa ini menjadi tidak wajar? Sebab harga gabah kering panen juga sudah di atas Rp8.000. Padahal harga pokok pembelian pemerintah untuk gabah kering panen masih di harga [Rp]5.400,” terang dia dalam Webinar Sapa BUMN: ID Food, Bulog, dan Stabilitas Harga Pangan Jelang Ramadan yang digelar Solopos Media Group di kanal YouTube Espos Live, Selasa (27/2/2024).

Melihat kondisi itu, Pemerintah Provinsi Jateng terus mencari titik persoalan yang menjadi pemicu. Jika melihat dari sisi pasokan, mungkin hal itu juga berpenga­ruh. Sebab panen saat ini, me­nurutnya, tidak seperti pola tahun lalu. Tahun ini sedikit ter­lambat karena panen baru mulai di Februari dan akan masuk panen raya di Maret sampai per­tengahan April nanti.

Dia menjelaskan dari beberapa wilayah yang sudah panen, ternyata hasilnya bagus dengan produktivitas mendekati 7 ton per hektare. “Sedangkan untuk gabah kering panen memang benar, sudah di atas Rp8.000 dan ternyata pembeli tidak dari Jateng saja tapi ada dari Jawa Barat. Kalau kami melihat itu, maka di sini ada pelaku di luar petani yang mengumpulkan hasil panen dan mereka pasti kemudian mengatur stok di tingkat masing-masing usaha mereka,” kata dia.

Ancang-ancang Anggaran Program Makan Siang Gratis

JAKARTA—Siapa presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029 memang masih belum diumumkan secara resmi oleh KPU. Akan tetapi pemerintah saat ini sudah mulai ancang-ancang menyiapkan anggaran untuk salah satu program unggulan salah satu pasangan capres-cawapres yang sejauh ini perolehan suaranya unggul yaitu Prabowo-Gibran berupa makan siang gratis.

Pemerintah beralasan, perhitungan harus dipersiapkan sekarang demi kesinambungan perancangan anggaran. “Itu untuk jaga-jaga saja, antisipasi saja itu. Agar ada kesinambungan antara program yang sudah ada tahun 2024 nanti tidak putus pada tahun 2025,” kata Men­teri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendi, Selasa (27/2/2024).

Muhadjir menjelaskan, program makan siang gratis ini nantinya juga dapat diatur lebih lanjut dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P). Menurutnya, pemerintah berupaya mengatur agar alokasi APBN berikutnya tetap kompatibel dengan APBN saat ini, sehingga tidak terdapat banyak hambatan ketika terjadi transisi pemerintahan.

95% Industri Kosmetik Tergolong UMKM

JAKARTA—Sebesar 95% dari 1.010 perusahaan kosmetik yang masuk data pemerintah pada 2023 tergolong industri kosmetik lokal skala industri kecil dan menengah yang mampu menyerap 59.886 tenaga kerja pada 2022.

Demikian disampaikan Menteri Koordinator iBdang Perekonomian Airlangga Hartarto saat melakukan kunjungan ke pabrik PT Pillars Cosmetiklon Indonesia di Tangerang, Banten, Sabtu (3/2/2024). Meningkatnya kesadaran perawatan diri ditambah jumlah penduduk yang besar merupakan pasar menggiurkan bagi industri kosmetik.

Mengutip laman Indonesia.go.id yang diakses Senin (26/2/2024), potensi ini memunculkan tumbuhnya industri kecantikan dan kesehatan nasional. Perusahaan kosmetik pun tumbuh dan berkembang, termasuk menjamurnya banyak brand kosmetik lokal. Merujuk data Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), terjadi peningkatan pertumbuhan jumlah pelaku usaha kosmetik dari 819 pada 2021 menjadi 913 pada 2022. Angka ini setara dengan pertumbuhan sebesar 20,6% pada 2022.

Indonesia Siap Beradaptasi di Chambly

JAKARTA – Tim bulu tangkis Indonesia bersiap menjalani rangkaian pertandingan di ajang turnamen French Open 2024. Turnamen ini akan digelar di Porte de La Chapelle Arena atau yang dikenal juga sebagai Adidas Arena di Paris, Prancis, pada 5-10 Maret nanti.

French Open 2024 merupakan salah satu seri dari rangkaian BWF World Tour Super 750 pada 2024. French Open 2024 akan memperebutkan total hadiah senilai US$850.000. French Open 2024 merupakan turnamen keenam dalam kalender BWF World Tour 2024. Turnamen ini akan memakai shuttlecock (kok) Yonex Tournament F-90.

Tim bulu tangkis Indonesia akan terbang lebih awal ke Prancis. Jonatan Christie dkk. akan berangkat pada Rabu (28/2/2024) sore dengan tujuan Kota Chambly, yang berjarak 40 kilometer di sebelah utara Paris. Chambly adalah komune di Departemen Oise yang rencananya bakal menjadi tempat training camp tim bulu tangkis Indonesia menjelang Olimpiade Paris 2024 nanti.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Rabu (28/2/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya