SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Kamis (14/12/2023).

Solopos.com, SOLO—Ulasan tentang harga pangan menjadi perhatian saat ini diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi Kamis (14/12/2023). Diungkapkan, aneka kondisi harus terus dipantau agar tidak memicu terjadinya fluktuasi harga yang berlebihan.

Badan Pangan Nasional (Bapanas), seperti diberitakan Solopos hari ini, memastikan kebutuhan pangan untuk masyarakat menjelang perayaan Natal 2023 hingga Tahun Baru 2024 masih aman karena prognosa kebutuhan pangan dengan kebutuhan masih cukup.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Kepala Bapanas, Arief Prasetyo Adi, Rabu (13/12/2023), menjelaskan selama sepekan terakhir ini pihaknya bersama Kementerian Perekonomian, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Pertanian sudah menyiapkan kebutuhan pangan hingga perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Bantuan khusus bagi masyarakat kurang mampu atau keluarga penerima manfaat (KPM) juga disiapkan Pada Desember 2023 bantuan pangan akan diberikan untuk 21,3 juta KPM dan dilanjutkan Januari hingga Maret 2024 yang diperkirakan akan naik 8% atau menjadi 22 juta KPM. ”Yang jelas, ini tidak ada kaitan dengan politik. Ini ada daftar dari Kemenko PMK yang selalu diperbaharui,” kata Arief.

Ia mengatakan saat ini pihaknya masih berkonsentrasi pada kemungkinan terjadinya inflasi tertinggi terkait harga sejumlah komoditas seperti beras, cabai, dan gula menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 sehingga pemerintah sedang mempersiapkan ketersediaan komoditas tersebut.

Petani Gurem Banyak, Upaya Penyejahteraan Berat

WONOGIRI—Petani gurem atau petani yang memiliki lahan kurang dari 0,5 hektare masih banyak di Soloraya. Mereka pun akrab dengan kondisi kurang sejahtera dan kendala lainnya.

Misalkan saja di Wonogiri. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Wonogiri, Rahmad Iswanto, mengatakan berdasarkan data Sensus Pertanian (ST) 2023 Tahap I, jumlah total petani di Wonogiri sebanyak 197.508 orang. Dari jumlah itu sebanyak 151.265 atau 77% adalah petani gurem. Menurut Rahmad, Rabu (13/12/2023), jumlah petani gurem bertambah 15.163 orang selama 10 tahun terakhir.

Di sisi lain, usaha pertanian perorangan di Wonogiri turun sebanyak 15,80% dari yang semula 234.575 unit pada 2013 menjadi 197.508 unit pada 2023. Hal itu berarti lahan pertanian yang dikelola petani semakin sempit. Rahmad menyebut menyusutnya kepemilikan lahan pertanian lantaran terbagi-baginya lahan yang ada oleh sistem pewarisan tanah. Petani pemilik tanah mewariskan lahannya kepada anak-anaknya.

Dana Pariwisata Rp2 Triliun/Tahun

JAKARTA—Rencana pengadaan tourism fund atau dana khusus pariwisata yang telah dibahas sejumlah kementerian dan lembaga sejak awal Oktober 2023 menunjukkan kemajuan. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan dana yang dikucurkan untuk tourism fund di sektor parekraf ditetapkan sekitar Rp2 triliun per tahun.

“Diproyeksikan dana yang akan dikeluarkan melalui Indonesia Tourism Fund dalam mendukung sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa mencapai Rp2 triliun setiap tahun. Ini akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan Kementerian Keuangan,” ujar Sandiaga di Jakarta, Jumat (8/12/2023).

Mengutip laman setkab.go.id yang diakses Selasa (12/12/2023), Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajaran terkait merumuskan tourism fund atau dana pariwisata yang dimanfaatkan untuk mendukung pembiayaan pengembangan pariwisata berkualitas dan berkelanjutan. Hal itu disampaikan Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, dalam rapat terbatas (ratas), Oktober 2023 lalu.

500 Dosis Vaksin untuk Mitigasi Lonjakan Kasus Covid-19

BOYOLALI – Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali akan mengambil 500 dosis vaksin yang disediakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah pada Kamis (14/12/2023) untuk mitigasi dan antisipasi lonjakan kasus Covid-19.

Persediaan 500 dosin vaksin itu terutama untuk warga yang hendak ke luar negeri. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali, Puji Astuti, mengatakan sejauh ini belum ada permintaan vaksinasi Covid-19. Pengambilan vaksin Covid-19 yang disediakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah itu sebagai langkah antisipatif. Sebanyak 500 dosis vaksin Covid-19 akan disebar ke puskesmas di Kabupaten Boyolali.

”Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali mengambil langkah antisipasi karena ada kenaikan kasus Covid-19 di beberapa negara. Ini sekaligus mempersiapkan tenaga kerja yang mau ke luar negeri dan warga yang hendak berumrah,” kata dia ketika dihubungi Espos pada Rabu (13/12/2023).

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Kamis (14/12/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya