SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Selasa (16/5/2023).

Solopos.com, SOLO–Aksi vandalisme berupa perusakan fasilitas umum masih menjadi masalah di Kota Solo menjadi sorotan dalam pemberitaan Harian Umum Solopos edisi hari ini, Selasa (16/5/2023). Banyak pelaku yang tertangkap ternyata berstatus sebagai siswa sekolah menengah.

Solopos hari ini mengulas Kepala Bidang (Kabid) Penanganan Gangguan Keamanan Trantibbum Satpol PP Kota Solo, Mohamad Rudiyanto, menyebutkan ada belasan pelaku vandalisme yang berhasil ditangkap sejak awal tahun hingga Mei 2023. Mayoritas dari pelaku vandalisme ini berasal dari kalangan pelajar sewilayah Soloraya dan masih di bawah umur. Mereka ada yang berasal kabupaten di sekitar Solo.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

“Kalau kemarin ada yang ketangkap dari sekolahnya Sragen dan tinggalnya juga di Sragen,” ungkap dia saat ditemui di Kantor Satpol PP Solo, Senin (15/5/2023). Kebanyakan pelaku vandalisme duduk di bangku SMA/SMK sederajat.

Rudi menyebutkan ada berbagai macam motif pelaku melancarkan aksinya. “Mungkin ada yang putus dari pacarnya nanti ditulis di situ, atau mungkin pengin nulis apa di situ, misal inisial pacarnya, atau macam-macam,” ucap dia.

Salah satu komunitas yang terdeteksi suka melakukan aksi vandalisme adalah BRSK atau Berisik. Komunitas ini telah merusak keindahan atap penutup JPO Manahan dengan tulisan vandal baru baru ini.

Jangan Buang Momentum!

SOLO—Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand di final cabang olahraga sepak bola putra SEA Games di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, pada Selasa (16/5/2023). Laga ini menjadi harapan bangsa Indonesia setelah 32 tahun lamanya, Indonesia tak kunjung mendapat medali emas dari sepak bola.

Duel ini menjadi laga final ideal karena mempertemukan dua tim terkuat di ajang kali ini. Kedua tim sama-sama mengakhiri babak penyisihan dengan status sebagai juara grup. Indonesia mengakhiri empat laga di fase grup dengan torehan nilai sempurna, 12 poin. Thailand juga berhasil menyudahi fase grup dengan status juara grup. Thailand mengoleksi 10 poin dan unggul selisih gol atas Vietnam yang juga mengumpulkan poin sama.

Di semifinal, skuad Garuda dan Gajah Putih menunjukkan ketangguhannya sebagai calon tim juara. Thailand yang menang besar 3-0 mendapatkan perlawanan keras dari Myanmar. Namun Thailand bisa unggul lewat Teerasak Poeiphimai di menit ke-37 dan mendapat dua gol tambahan di pengujung laga sehingga menang dengan skor meyakinkan.

Sedangkan Indonesia baru mengunci laga di menit akhir dengan bermain dengan 10 orang pemain dalam 30 menit terakhir. Indonesia juga dalam tekanan Vietnam saat skor imbang 2-2. Beruntung Indonesia kemudian mampu mencetak gol penentu kemenangan lewat Muhammad Taufany di akhir laga.

Konser Artis Dunia Bukti Kepercayaan

SOLO –Semakin rutinnya penyelenggaraan konser artis dunia menunjukkan bangkitnya pasar MICE di Indonesia, terutama yang berhubungan dengan ekonomi kreatif. Hal ini juga menunjukkan kepercayaan para penyelenggara kegiatan atau event organizer dari luar negeri.

“Kalau besok Coldplay, kemudian sebelumnya Blackpink sudah bersedia konser di Indonesia, artinya pangsa pasar MICE di Indonesia cukup diperhatikan oleh dunia, terutama oleh EO [event organizer] internasional,” papar dosen ekonomi pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS, Nurul Istiqomah, saat dihubungi Espos, Senin (15/5/2023).

Nurul melanjutkan, konser idol group Korea Selatan, Blackpink, yang sebelumnya digelar di Gelora Bung Karno (GBK) adalah bagian dari tur mereka ke ASEAN. Indonesia menjadi salah satu lokasi konser Blackpink selain Malaysia dan Singapura yang menurut Nurul menunjukkan kuatnya posisi tawar Indonesia lewat pasar MICE. Dia berpendapat Indonesia sudah dapat menjamin keamanan penyelenggaraan konser sehingga dipercaya EO internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya