SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Rabu (9/8/2023).

Solopos.com, SUKOHARJO–Harian Umum Solopos edisi hari ini, Rabu (9/8/2023), mengangkat headline tentang Dewan Kode Etik Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas (R.M.) Said mendapatkan sejumlah temuan dalam penyelidikan terhadap kasus pelibatan perusahaan pinjaman online (pinjol) dalam kegiatan kampus yang dikelola Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) UIN R.M. Said.

Diberitakan Solopos hari ini, Dewan Kode Etik di antaranya menemukan adanya perjanjian kerja sama antara Dema dengan salah satu dari tiga sponsor kegiatan senilai Rp160 juta.

Promosi BRI Meraih Dua Awards Mobile Banking dan Chatbot Terbaik dalam BSEM MRI 2024

Dijumpai di sela-sela pelaksanaan sidang Dewan Kode Etik di Ruang Sidang Utama UIN R.M. Said, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo, Selasa (8/8/2023), Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama, Syamsul Bakri, mengatakan pembina Dema memperoleh data perjanjian antara mahasiswa dengan pihak sponsor.

Padahal menurutnya mahasiswa tidak berhak melakukan kontrak kerja sama untuk menghimpun dana sponsor, apalagi semua anggaran kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) sudah ditanggung oleh universitas.

“Tidak bisa seperti itu. Rawan macam-macam. Selain rawan, kenapa sponsorship bisa sebesar itu. Selain itu data-data mahasiswa [yang diminta melakukan] registrasi itu juga rawan. Rp160 juta totalnya dari satu kerja sama menurut informasi yang kami peroleh,” ujar Syamsul.

Pengemudi Taksi Online Tuntut Perubahan Tarif

SOLO–Kelompok pengemudi taksi online di Soloraya yang mengatasnamakan diri Koalisi Online Solo berunjuk rasa dengan mendatangi kantor Balai Pengelola Sarana Prasarana Perhubungan Wilayah III Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah di Solo pada Selasa (8/8/2023). Aksi ini untuk menuntut perubahan tarif agar lebih menguntungkan mereka.

Sekitar pukul 14.00 WIB, 200 pengemudi taksi online dari 37 komunitas driver memarkir mobil mereka di Alun-alun Utara Solo. Mereka kemudian berjalan beriringan menuju bundaran Gladag dan membentangkan spanduk bertuliskan “Mas Wali Tolong Bantu Kami Driver Solo Raya.”

Koordinator Koalisi Online Solo, Zelig, kemudian berjalan memasuki kantor tersebut untuk menyampaikan permohonan Koalisi Online Solo. Saat pertemuan berlangsung, aksi tetap berjalan damai dengan penjagaan polisi.

Vietnam Dongkrak Ekspor Beras

JAKARTA—Kebijakan pemerintah Vietnam mendongkrak ekspor beras menjadi angin segar bagi pasar beras global, termasuk Indonesia, di tengah ancaman El Nino dan mengetatnya pasokan beras dunia.

Pasar beras global memanas seiring kebijakan India menyetop ekspor beras nonbasmati dan langkah Thailand mengurangi aktivitas penanaman padi. Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (Food and Agriculture Organization/FAO) mencatat indeks harga beras dunia pada Juli 2023 naik 2,8% dibandingkan bulan sebelumnya. Angka itu menjadi level tertinggi dalam 12 tahun terakhir, yakni rata-rata 129,7 poin.

India merupakan penyumbang 40% ekspor beras dunia, sementara Thailand dan Vietnam juga masuk dalam jajaran eksportir beras utama dunia dengan kontribusi masing-masing 15% dan 14%.

Warga Lansia Mulai Tinggalkan TV

WONOGIRI—Sejumlah warga lanjut usia (lansia) di Wonogiri mulai meninggalkan siaran televisi (TV) sebagai sumber informasi atau hiburan utama. Mereka beralih ke berbagai platform di smartphone atau gawai untuk mencari informasi sekaligus mencari hiburan.

Seorang warga Wonogiri, Basriati, 60, mengaku sudah dua bulan ini tidak menonton siaran TV sama sekali. Dia beralasan menonton TV di Wonogiri ribet karena tidak menerima siaran TV terestrial maupun digital. Jika ingin menonton TV, warga di sana harus berlangganan TV kabel dan itu pun tidak semua kanal bisa ditonton.

Oleh karena itu, Basriati kini memilih layanan video streaming Youtube untuk mencari informasi dan hiburan. Selain itu, platform media sosial berbasis video seperti Tiktok juga menjadi sarana hiburan alternatif. Basriati memasang jaringan Wifi di rumahnya agar dia bisa leluasa menonton tayangan di Youtube melalui smart TV.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Rabu (9/8/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya