SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Selasa (21/11/2023).

Solopos.com, SEMARANG—Ulasan tentang hari Selasa (21/11/2023) ini adalah tenggat bagi seluruh pemerintah provinsi termasuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) mengumumkan nilai kenaikan upah minimum provinsi (UMP) 2024 diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Selasa (21/11/2023).

Diberitakan Solopos hari ini, kenaikan upah minimum tersebut dipastikan mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 51 Tahun 2023. Dengan rujukan ini, maka keinginan kalangan buruh agar UMP bisa naik sampai 15% takkan terwujud. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jateng, Ahmad Aziz, enggan membocorkan secara pasti besaran kenaikan UMP 2024.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

“Iya, di bawah 15% [kenaikannya],” kata Aziz, Senin (20/11/2023). Aziz menjelaskan PP Nomor 51 digunakan sebagai acuan formula penghitungan upah pekerja karena juga mengatur penghitungan angka inflasi yang ditambah dengan pertumbuhan ekonomi. Selain itu juga terdapat komponen indeks tertentu atau nilai alpha.

“Alpha itu bentuk perwujudan dari penyerapan tenaga kerja dan produktivitas, nilai alpha-nya 0,1 atau 0,10 hingga 0,30. Alpha itu sebagai penentu dialog sosialnya,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jateng, Dedi Mulyadi Ali, mengaku sudah punya hitung-hitungan sendiri untuk menentukan rekomendasi UMP 2024. Ia menyarankan kepada masyarakat untuk menunggu pengumuman UMP dari pemerintah. Dia menambahkan usulan UMP dari Apindo Jateng sebesar 3,6% dengan mengacu pada formula di PP 51/2023. “Kalau [kenaikan] 4,02% dari pemerintah,” akunya.

Pembangunan Viaduk Berlanjut, Bakal Ada JPO

SOLO— Pekerjaan penataan dan pembangunan di Viaduk Gilingan, Banjarsari, Solo, terus berlanjut untuk memperlancar lalu lintas kereta dan kendaraan. Pejalan kaki juga bakal makin nyaman melintas di tempat itu seperti untuk mengakses Masjid Raya Syekh Zayed karena nantinya bakal ada jembatan penyeberangan orang (JPO) di lokasi viaduk.

Saat ini pekerjaan pembangunan mencapai tahap pemasangan balok penyangga atau girder untuk jembatan rel kereta yang baru. Jika jembatan baru itu jadi, maka jalur rel lama sekaligus jembatan lama yang merupakan peninggalan zaman kolonial Belanda bakal dibongkar. Pemasangan girder dilakukan semalaman hingga Selasa (21/11/2023) pagi ini, yang membuat jalan raya di bawahnya ditutup sementara dari lalu lintas. ”Setelah ruas jalan ditutup maka pekerjaan erection [pendirian] jembatan langsung dikerjakan.”

”Mudah-mudahan sudah rampung sebelum pagi hari karena ruas jalan digunakan untuk aktivitas masyarakat,” kata seorang anggota tim teknik penataan Viaduk Gilingan, Aryo, saat dijumpai pada Senin (20/11/2023). Aryo menyebut setelah pendirian jembatan dengan pemasangan balok penyangga jembatan rampung maka pekerjaan fisik difokuskan pada penurunan elevasi jalan di sekitar Viaduk Gilingan.

Beras Jadi Rebutan Banyak Negara

JAKARTA—Perum Bulog kesulitan memenuhi stok beras nasional dari luar negeri setelah negara-negara di Eropa ikut-ikutan mengimpor beras. Kondisi yang saat ini terjadi adalah banyak negara yang menawarkan harga tertinggi untuk pembelian beras demi menjaga ketahanan pangan di negara masing-masing.

Direktur Bisnis Perum Bulog Febby Novita mengungkapkan banyak negara yang sudah melakukan kontrak dengan Indonesia, namun dalam perjalanannya dibatalkan lantaran ada negara lain yang menawarkan dengan harga lebih tinggi. Salah satu negara yang menawarkan harga tinggi adalah Eropa.

Adanya pembatasan ekspor gandum di sejumlah negara telah membuat Eropa beralih ke beras. “Eropa belinya lebih tinggi daripada kita. Jangan jauh-jauh. Kita bicara Filipina, dia bisa membeli [beras] lebih tinggi daripada kita,” ungkap Febby dalam media briefing Pelayanan Publik dalam Kebijakan Perberasan Menjelang Tahun Pemilu 2024, Jumat (17/11/2023).

Indonesia Adaptasi Rumput Sintetis Filipina

JAKARTA–Timnas Indonesia bermodalkan kekalahan telak 1-5 dari Irak saat mengunjungi Filipina pada matchday kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Selasa (21/11/2023). Laga di Rizal Memorial Stadium, Manila, tersebut bakal dimulai pukul 18.00 WIB.

Agar tidak membuat kesalahan individu lagi, Timnas Indonesia terus mematangkan persiapan di lapangan latihan rumput sintesis Stadion Rizal Memorial, Minggu (19/11/2023). Menu latihan pada hari kedua di Filipina adalah latihan pemulihan fisik, adaptasi lapangan rumput sintesis, dan berlatih beberapa taktikal.

“Hari ini kami latihan pemulihan fisik kembali dan beberapa taktikal sekaligus latihan supaya pemain cepat adaptasi dengan rumput sintetis,” kata pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, melalui laman resmi PSSI, Senin (20/11/2023). Saat memimpin latihan, Shin terus mengingatkan agar Marc Klok dan kawan-kawan tidak melakukan kesalahan individual yang sama seperti saat timnya digasak Irak dengan skor 1-5 di laga pertama.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Selasa (21/11/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya