SOLOPOS.COM - Halaman Depan Harian Umum Solopos edisi Minggu, 12 April 2015

Solopos hari ini mengangkat berita Jokowi yang diminta PDIP untuk kembali ke partai.

Solopos.com, SOLO — Politikus PDIP, Rokhmin Dahuri, mengatakan Ketua Umum PDIP Megawati ingin membantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mewujudkan pemerintahan yang taat konstitusi. Kabar tersebut menjadi berita utama di Harian Umum Solopos hari ini, Minggu (12/4/2015).

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Rokhmin Dahuri juga berpendapat, banyak pihak yang mungkin memiliki kepentingan tertentu, namun mengatasnamakan rakyat. Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Gotong Royong tersebut juga mengimbau agar Jokowi kembali kepada partai pendukung, bukan malah berdiri sendiri.

Tidak hanya tentang Kongres IV PDIP, ada juga kabar tentang penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) tingkat sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK), yang akan dilaksanakan pada Senin (13/4/2015) besok.

Selanjutnya, ada berita tentang penyelenggaraan Festival Bengawan Solo yang dilaksanakan hari ini, Minggu. Lalu, ada juga kabar dari dunia olahraga, yaitu tentang kemenangan Manchester United atau Setan Merah di Liga Premier.

Simak rangkuman berita di Harian Umum Solopos edisi Minggu, 12 April 2015 berikut;

KONGRES IV PDIP: PDIP Minta Jokowi Kembali ke Partai
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyebut ada pihak yang melakukan gerakan deparpolisasi. Tak hanya itu, putri Bung Karno itu juga mengatakan ada pihak yang menyalip di tikungan.

Politikus PDIP Rokhmin Dahuri menafsirkan isi pidato tersebut sebagai pesan dari Megawati untuk Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) agar tidak terlampau mendengar bisikan-bisikan orang tertentu saja.

“Beliau [Megawati] ingin membantu Pak Jokowi menjadi pemerintah yang taat pada konstitusi, karena begitu pemerintah tidak taat pada konstitusi, maka hanya akan mendengar bisikan sekelompok orang. Padahal Indonesia ini problem utamanya adalah kemunafikan,” ujar Rokhmin melalui sambungan telepon di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (11/4/2015).

Hadir dalam diskusi ini, antara lain Ketua DPP Projo Sunggul Hamonangan Sirait, Wakil Ketua Fraksi Partai Nasdem Jhonny G. Plate, pakar psikologi politik Universitas Indonesia (UI) Dewi Haroen dan Pengamat Politik CSIS Phillips Vermonte.

[Baca juga: Pengamat: Sudah “Berkorban”, Megawati Gundah Terhadap JokowiPengamat: Sayang! Maruarar Sirait, Rieke, Eva, dan Pramono DidepakPengamat: Saatnya Jokowi Kasih Jatah ke PDIP]

UJIAN NASIONAL: Pemerintah Beri Skor Kejujuran Sekolah
Siswa-siswi SMA/SMK dan sederajat akan melaksanakan Ujian Nasional (UN) pada Senin (13/4/2015) besok. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan memastikan persiapan UN sudah sangat baik.

”Alhamdulillah persiapan sudah lancar, Senin besok dilaksanakan. Mulai tahun ini ada indeks integeritas anak. Tahun ini ada UN berbasis komputer bukan online jadi didownload pada waktunya software tersebut bisa dipakai,” ujar Anies di Jakarta, Sabtu (11/4/2015).

Mantan Rektor Universitas Paramadina tersebut menekankan keberhasilan sekolah tahun ini bukan lagi mencetak jumlah banyaknya siswa yang lulus UN, melainkan sekolah harus berlomba mengedepankan nilai kejujuran dalam pelaksanaan UN.

[Baca juga: Naskah UN 2015 Pagi Ini Didistribusikan ke 4 Subrayon SragenRuang Penyimpanan Soal UN di Solo Dipantau Lewat Kamera CCTVUN Berbasis Komputer Waspadai Listrik Padam, Siapkan Genset]

WISATA SUNGAI: Mengakrabi Sungai dengan Festival Bengawan Solo
Festival Bengawan Solo 2015 akan dilaksanakan pada Minggu (12/4/2015) ini. Berbagai persiapan dan acara pendukung pun digelar. Simak liputan wartawan Solopos, Muhamad Muchlis, berikut ini.

Misni Misjianto, 54, menggandeng dua cucunya mendekati bibir Sungai Bengawan Solo. Pria warga Semanggi RT 001/RW 022 itu menyusup di antara penonton yang berdiri sejauh sepuluh meter dari aliran sungai.

Ia melongok mengamati sembilan perahu kayu yang akan diperlombakan dalam rangka Festival Bengawan Solo 2015 di Kampung Sawahan, Sangkrah, Sabtu (11/4/2015).

“Wah, kok baru perahunya saja. Mana pengemudinya?,” kata dia lirih kepada cucunya. Perahu dengan ukuran panjang 4,5 meter dan lebar 7,5 sentimeter itu terapung di atas aliran sungai yang berwarna cokelat.

[Baca juga: Hari Ini Festival Gethek Dibuka Wali Kota]

LIGA PREMIER: Momentum Revans Setan Merah
Manchester United selalu menelan kekalahan dalam empat pertemuan terakhir melawan Manchester City pada Derby Manchester di ajang Liga Premier. Namun, United berada dalam momentum tepat untuk menjadikan Kota Manchester kembali memerah ketika kedua tim kembali dipertemukan di Old Trafford, Minggu (12/4/2015) pukul 22.00 WIB.

United meraup kemenangan beruntun dalam lima pertandingan terakhir mereka di Liga Premier. Hasil itu langsung mengerek posisi Wayne Rooney dkk. ke peringkat ketiga klasemen, unggul satu poin dari City.

Inilah kali pertama Setan Merah, sebutan United, bisa bertengger di atas rival sekotanya tersebut pada tabel klasemen sementara musim ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya