SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Jumat (31/5/2024).

Solopos.com, SOLO–Harian Umum Solopos edisi hari ini, Jumat (31/5/2024), mengangkat headline tentang pro kontra iuran tabungan perumahan rakyat (Tapera) yang dibebankan kepada pekerja dan pemberi kerja masih bergulir. Karena itu, pemerintah harus menggencarkan sosialisasinya ke masyarakat agar manfaatnya jelas dan dipahami.

Diberitakan Solopos hari ini, dosen Fakultas Eko­nomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Ariyanto Adhi Nugroho, saat dihubungi Espos, Kamis (30/5/2024), menyebut masih banyak penafsiran di kalangan masyarakat soal Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2024 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 Tahun 2020 tentang Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang ditetapkan pada 20 Mei 2024 oleh Presiden Joko Widodo sehingga masih menuai pro dan kontra.

Promosi Selamat, BRI Raih Dua Penghargaan di CNN Indonesia Awards Bali 2024

Bagi sebagian orang, potongan Tapera sebesar 3% dengan komposisi 2,5 % di­tanggung pekerja dan 0,5% ditanggung perusahaan atau instansi, dan 3% bagi pekerja mandiri dinilai memberatkan.

Dalam Pasal 1 PP No. 21/2024 Tapera ada­­lah penyimpanan yang dilakukan oleh peserta secara periodik dalam jang­­­­ka waktu tertentu yang hanya da­pat dimanfaatkan untuk pembiayaan pe­rumahan dan/atau dikembalikan berikut hasil pemupukannya setelah ke­pesertaan berakhir.

”Hal ini berarti ada dua kelompok manfaat yang akan di­­terima peserta. Satu dapat memanfaat­kan fasilitas pembiayaan dan yang kedua adalah mendapatkan pengembalian da­na beserta pemupukannya,” terang Ariyan­to. Dia menilai backlog atau kebutuhan perumahan di Indonesia masih tergolong tinggi.

Lima Tokoh Daftar Cagub-Cawagub Jateng di PDIP

SEMARANG—Sebanyak lima to­koh mendaftar di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP untuk mengikuti kontestasi Pemi­lihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah. PDIP Jateng sendiri sudah me­nutup penjaringan atau pendaf­taran calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) pada Kamis (30/5/2024), pukul 16.00 WIB.

Panitia pendaftaran, Joko Purnomo, mengatakan dua orang mendaftar sebagai cagub dan tiga orang sebagai cawagub. “Tahapan selanjutnya setelah ini tes, tapi kami belum tahu [kapan pelaksanaannya]. Namun setelah tes, hasilnya kami kirimkan ke DPP se­bagai bahan pertimbangan DPP membuat rekomendasi. Tugas panitia hanya memverifikasi berkas,” kata Joko seusai menutup pendaftaran di Panti Marhaen, Sekretariat DPD PDIP Jateng, Kamis.

Kelima tokoh yang mendaftar di DPD PDIP Jateng tersebut adalah mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah periode 2013-2018, Heru Sudjatmoko yang mendaftar sebagai cawagub. Selain itu ada anggota DPR, Riyanta, yang juga mendaftar sebagai cawagub, Bupati Klaten Sri Mulyani yang mendaftar sebagai cawagub, serta mantan Ketua DPRD Jateng periode 2014-2019, Rukma Setyabudi sebagai cagub, dan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Hendrar Prihadi yang juga mendaftar sebagai cagub.

Impor Produk Halal Lebih Besar Ketimbang Ekspor

BATAM–Dengan populasi muslim terbesar di dunia, Indonesia masih menjadi pasar global untuk produk halal dengan nilai impor produk yang lebih besar dibandingkan nilai ekspor.

Hal tersebut disampaikan Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni P. Joewono dalam acara Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) Regional Sumatra 2024 di Batam, Senin (27/5/2024). Menurut Doni, ekspor produk halal justru dilakukan negara-negara seperti India, Amerika Serikat, dan Korea.

Berdasarkan data State of the Global Islamic Economy (SGIE), Indonesia berada di peringkat ketiga dalam indikator ekonomi syariah global. Perputaran produk halal mencapai US$1,4 triliun di mana Indonesia menempati posisi kedua tren konsumsi produk industri halal.

Belajar Bahasa Inggris Harus dengan Gembira

JAKARTA–Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melatih 490 guru sekolah dasar (SD) selama Februari hingga Agustus agar dapat mengajarkan bahasa Inggris dengan gembira.

Pelatihan itu menggandeng British Council. Pembelajaran yang menyenangkan adalah upaya menyesuaikan dengan cita-cita Kurikulum Merdeka.

“Kemendikbudristek merasa perlu ada program dengan modul yang tepat untuk diberikan kepada para guru. Tujuannya mereka bisa memberikan pembelajaran Bahasa Inggris yang menyenangkan di SD itu seperti apa, jadi kemampuan pedagogis [mendidik] itu yang ingin dikuatkan. Kita membutuhkan banyak dukungan, utamanya dari British Council untuk program tersebut,” kata anggota Staf Ditjen GTK Kemendikbudristek Sotya Mayangwuri di Jakarta, Selasa (28/5/2024).

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Jumat (31/5/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya