SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Jumat (21/6/2024).

Solopos.com, SOLO–Harian Umum Solopos edisi hari ini, Jumat (21/6/2024), mengangkat headline tentang nilai tukar atau kurs rupiah terus melemah hingga menembus Rp16.400 per dolar Amerika Serikat (AS). Jika terus berlanjut, beban anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) semakin berat, harga komoditas pokok terus meningkat, hingga pelemahan daya beli.

Diberitakan Solopos hari ini, pada Kamis (20/6/2024), nilai tukar rupiah kembali ditutup melemah ke Rp16.430 per dolar AS setelah Bank Indonesia (BI) mengumumkan menahan suku bunga di level 6,25%. Berdasarkan data Bloomberg, rupiah mengakhiri perdagangan dengan turun 0,40% atau 65 poin ke posisi Rp16.430 per dolar AS.

Promosi BRI Menanam Grow & Green Bantu Jaga Ekosistem Laut dan Kembangkan Wisata Daerah

Sementara itu, indeks dolar naik 0,24% ke posisi 105,132. Mata uang kawasan Asia lainnya bergerak bervariasi terhadap dolar AS. Yen Jepang melemah 0,19%, dolar Singapura turun 0,14%, won Korea melemah 0,22%, peso Filipina melemah 0,03%, rupee India turun 0,13%, yuan China melemah 0,05%, ringgit Malaysia melemah 0,06%, dan baht Thailand melemah 0,20%.

Ekonom senior Faisal Basri mengingatkan kondisi yang lebih buruk jika kurs rupiah terus melemah terhadap dolar AS. Faisal meyakini nilai tukar rupiah sebenarnya bisa lebih rendah jika tidak ada intervensi BI dengan melepas cadangan dolar AS.

“Ini Rp16.300 [per dolar AS] Itu sudah didoping itu, kalau tidak ­didoping sudah Rp17.000 [per dolar AS]. Artinya bank sentral [BI] melepas dolar ya, melepas dolar supaya dolar banyak suplainya, jika banyak, maka harganya relatif lebih turun begitu,” kata Faisal dalam siniar di kanal Youtube Prof. Rhenald Kasali, Selasa (18/6/2024).

Pertaruhan Reputasi 2 Tim Mahal Eropa

LEIPZIG—Dua tim favorit juara Euro 2024, Belanda dan Prancis, akan bentrok pada matchday kedua Grup D, Sabtu (22/6/2024) pukul 02.00 WIB. Laga yang disiarkan RCTI ini diprediksi diwarnai permainan menyerang kedua tim untuk mengunci satu tiket ke babak 16 besar.

Belanda dan Prancis sama-sama dihuni skuad mewah alias bertabur bintang. Ke-23 pemain yang dibawa masing-masing tim sebagian besar bermain di klub papan atas Eropa dengan segudang pengalaman. Kedalaman skuat kedua tim besar itu menjadikan mereka dua di antara favorit juara Euro tahun ini.
Kemenangan akan membuat salah satu dari mereka mengunci satu tempat ke fase gugur atau babak 16 besar Euro 2024.

Meski begitu, keduanya juga masih belum meyakinkan di laga pembuka. Belanda menang tipis atas Polandia pada laga pembuka dengan skor 2-1. Meski begitu, Belanda masih kesulitan menciptakan peluang di kotak penalti. Peran Memphis Depay sebagai ujung tombak juga belum memberikan ancaman di depan gawang lawan. Skema 4-2-3-1 yang diturunkan Ronald Koeman juga mendapat kritik.

Pasar Buku Kwitang akan Objek Wisata Literasi

JAKARTA—Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno ingin menjadikan Pasar Buku Kwitang, Jakarta, sebagai zona khusus wisata literasi yang harapannya bisa membantu memajukan industri penerbitan di Tanah Air. Zona wisata literasi itu akan terhubung dengan Islamic Center.

“Kalau kami bikin zona khusus wisata literasi itu akan membantu menggeliatkan industri penerbitan,” kata Sandiaga seusai membagikan 420 paket daging kurban Kemenparekraf di Jakarta, Rabu (19/6/2024). Nantinya zona khusus wisata literasi Kwitang akan terintegrasi dengan zona pariwisata halal yang dekat dengan Islamic Center sehingga turut memacu peningkatan wisata halal di Indonesia.

Sandiaga mengatakan rencana pembuatan zona khusus ini dilakukan, mengingat adanya penurunan penjualan di industri penerbitan yang terlihat dari jarangnya penyelenggaraan pameran buku internasional (international book fair). Padahal, ia menilai industri penerbitan memiliki peranan penting dalam pemajuan ekonomi kreatif, khususnya sektor film.

Kota-kota di Indonesia Tak Punya Bentuk

JAKARTA–Kota-kota di Indonesia tidak punya bentuk jelas atau disebut amorf. Idealnya tata letak pembangunan meniru manusia yang lengkap dan sempurna. Hal itu disampaikan pengamat kebijakan publik Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah saat berbincang bersapa Pro 3 RRI, Kamis (13/6/2024).

Indonesia, menurut Trubus, masih mempunyai dua tata letak pembangunan yang merupakan era kolonial dan era pengembangan setelah merdeka. “Idealnya padahal tata letak pembangunan seperti manusia, lengkap dan sempurna,” ucapnya. Negara Indonesia harus mempunyai master plan untuk menata kembali pembangunan menjadi lebih baik. Yang menjadi perhatian saat ini adalah banyak pembangunan yang dijalankan begitu saja tanpa adanya perencanaan.

“Salah satu contoh terbesar adalah BSD. BSD tadinya mau dibuat kota yang tertata dalam pembangunan, tapi akhirnya menjadi enggak jelas,” kata dia. Dikutip dari wikipedia, Bumi Serpong Damai atau BSD City adalah salah satu kota terencana di Indonesia yang berlokasi di Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan, Banten.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Jumat (21/6/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya